Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
M1-M1
Deskripsi:
Mengkaji fenomena kualitas air sebagai bagian
dari objek material geografi lain, seperti litosfer, hidrosfer, antroposfer,
biosfer dalam geosfer menggunakan model pembelajaran life based learning dalam
memperoleh pengetahuan secara mendalam dan sesuai dengan kondisi faktual di
kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat diterapkan untuk memecahkan masalah
secara kritis dan kreatif, fenomena tersebut meliputi pengetahuan lanjutan
mengenai kualitas air yang berkaitan dengan: metode pemantauan kualitas air,
analisis laboratorium pada elemen makro dan mikro air, analisis laboratorium
pada parameter fisik, kimia dan biologi air, identifikasi sumber pencemaran,
analisis baku mutu kualitas air dan metode pemetaan dan penyajian data kualitas
air.
Capaian Pembelajaran
Memahami metode dan menerapkan kegiatan pemantauan kualitas air
Menerapkan analisis laboratorium pada elemen makro dan mikro air,
Menerapkan analisis laboratorium pada parameter fisik, kimia dan biologi air
Mengidentifikasi sumber pencemaran,
Menganalisis baku mutu kualitas air
Memahami dan menerapkan metode pemetaan
Mampu menyajikan dan menganalisis data kualitas air
Efendi, Hefni, 2003. Telaah Kualitas Air: Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Sleman: Kanisius
Gupta, Bhagirath Lal. 1979. Water Resources Engineering and Hydrology. New Delhi: Standart Publishers Distributors.
Mahida, Un. 1986. Pencemaran Air dan Pemanfaat Limbah Industri. Jakarta: CV Rajawali.
Seyhan, Ersin. 1977. Fundamental Of Hydrology. Nederland Geografisch Instuut Der RijksUniversitiet Te Utrecht
Walton, 1970. Groundwater Resources Evaluation. New York: Graw Hill Book Company
- Teacher: Ferryati Masitoh