Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
M1-M1
Deskripsi:

Mengkaji fenomena kualitas air sebagai bagian dari objek material geografi lain, seperti litosfer, hidrosfer, antroposfer, biosfer dalam geosfer menggunakan model pembelajaran life based learning dalam memperoleh pengetahuan secara mendalam dan sesuai dengan kondisi faktual di kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat diterapkan untuk memecahkan masalah secara kritis dan kreatif, fenomena tersebut meliputi pengetahuan lanjutan mengenai kualitas air yang berkaitan dengan: metode pemantauan kualitas air, analisis laboratorium pada elemen makro dan mikro air, analisis laboratorium pada parameter fisik, kimia dan biologi air, identifikasi sumber pencemaran, analisis baku mutu kualitas air dan metode pemetaan dan penyajian data kualitas air.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami metode dan menerapkan kegiatan pemantauan kualitas air

  • Menerapkan analisis laboratorium pada elemen makro dan mikro air,

  • Menerapkan analisis laboratorium pada parameter fisik, kimia dan biologi air

  • Mengidentifikasi sumber pencemaran,

  • Menganalisis baku mutu kualitas air

  • Memahami dan menerapkan metode pemetaan

  • Mampu menyajikan dan menganalisis data kualitas air

Daftar Pustaka:
  • Efendi, Hefni, 2003. Telaah Kualitas Air: Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Sleman: Kanisius

  • Gupta, Bhagirath Lal. 1979. Water Resources Engineering and Hydrology. New Delhi: Standart Publishers Distributors.

  • Mahida, Un. 1986. Pencemaran Air dan Pemanfaat Limbah Industri. Jakarta: CV Rajawali.

  • Seyhan, Ersin. 1977. Fundamental Of Hydrology. Nederland Geografisch Instuut Der RijksUniversitiet Te Utrecht

  • Walton, 1970. Groundwater Resources Evaluation. New York: Graw Hill Book Company