Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A3C-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, menghargai keragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Materi kuliah memuat proses manajemen peserta didik, yang dimulai dari rekrutmen, seleksi, penempatan, pengelompokan, pendisiplinan, penilaian dan bahkan pelulusan. Berbagai latihan terkait dengan wawasan wiyata mandala, pengaturan organisasi siswa intra sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan integrasi karakter.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar manajemen peserta didik
  • Menguasai rekrutmen peserta didik
  • Mempraktikkan orientasi peserta didik
  • Menguasai pengaturan pengelompokan peserta didik
  • Menguasai pengaturan kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik
  • Menguasai evaluasi hasil belajar peserta didik
  • Menguasai sistem tingkat dan sistem non tingkat
  • Menguasai pengaturan peserta didik yang mutasi dan drop out
  • Menguasai pembinaan disiplin peserta didik
  • Menguasai pembinaan OSIS dan pengaturan kegiatan ekstrakurikuler peserta didik
  • Mampu mengintegrasikan karakter dalam manajemen peserta didik
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Kusumaningrum, D.E., Benty, D.N., dan Gunawan, I. 2017. Manajemen Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang
  • Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
  • Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. 2012. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. USA: McGraw-Hill
  • Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
  • Minarti, S. 2012. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan secara Mandiri. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 tentang Masa Orientasi Peserta Didik baru di Sekolah
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
  • Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59389/MPK/ PD/Tahun 2015 tanggal 24 Juli 2015 tentang Pencegahan Praktik Perpeloncoan, Pelecehan, dan Kekerasan pada Masa Orientasi Peserta Didik baru di Sekolah
  • Depdikbud RI.1994.Pedoman Pelaksanaan Pembinaan OSIS. Jakarta.
  • Depdiknas RI. 2000.Pedoman Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta