Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
PA-A
Deskripsi:
Kajian pokok matakuliah ini meliuti hakikat IPA Biologi sebagai proses, produk, dan sikap ilmiah, pembelajaran IPA Biologi menggunakan pendekatan saintifik, melalui inkuiri ilmiah, metode ilmiah, terhadap fenomena kehidupan, untuk menumbuhkan keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi serta meningkatkan literasi sains dan literasi digital. Mahasiswa menganalisis kurikulum IPA Biologi SD, menghasilkan indikator, bahan ajar, instrumen penilaian, strategi, dan media pembelajaran mengacu kepada hasil analisis konsep-konsep esensial dan memenuhi unsur-unsur TPACK untuk menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran operasional yang inovatif, dengan menerapkan model pembelajaran, menyesuaikan dengan perkembangan TIK dan teknologi pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Matakuliah ini bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa secara komprehensif dan mampu menganalisis kurikulum, mendesain dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif mengenai hakikat IPA Biologi, hakikat pembelajaran IPA Biologi, dan kemampuan mengembangkan bahan ajar IPA Biologi SD serta merancang pembelajarannya.
Daftar Pustaka:
  • Biggs, et al. (2004). Biology. New York: Mc Graw Hill/Glencoe.
  • Biggs, et al. (2007). Science Level Green. New York: Mc Graw Hill/Glencoe.
  • Trefil, J & Hazen, R. M. (2010). The Sciences An Integrated Approach. New York: John Wiley & Sons, Inc.
  • Todd, R, J. (2010). Curriculum Integration. Victoria: ACER Pres
  • Allen, Rick (2006). The Essentials of Science, Grades K–6. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development