Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
C9-BK
Deskripsi:

Pokok-pokok bahasan:
(1) Hakikat sosial budaya: Konsep-konsep dasar dalam landasan sosiologi dan antropologi pendidikan
(2) Konsep-konsep dasar sosiologi dan antropologi yang terkait dengan unsur dan sistem bimbingan dan konseling: nilai sosial budaya dalam pengelolaan program BK dalam implementasinya sehari-hari di sekolah: (a) pada struktur dan (pemegang) otoritas sekolah serta konselor; (b) pada konseli dan keluarganya; (c) pada interaksional antarsejawat.
(3) Aspek social dan antropologi.
(4) Aplikasi pemahaman tentang aspek sosial budaya terhadap perilaku problematik maupun nonproblematik pada unsur-unsur dalam bimbingan dan konseling
(5) Pendidikan dan Perubahan Sosial
(6) Proses Sosialisasi dalam Sektor Pendidikan Formal
(7) Pendidikan an Stratifikasi Sosial .
(8) Struktur Dan Hubungan Peranan Dalam Kelas.
(9) Perkembangan Kepribadian Dalam Konteks Sosial


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif mampu memahami konsep/teori landasan sosial budaya bimbingan yang berkaitan dengan unsur dan sistem dalam pemikiran dan praktik bimbingan dan konseling khususnya pada sekolah formal.

  • Selanjutnya, mahasiswa mampu menggunakan pemahaman tentang konsep/teori sosial budaya tersebut untuk memahami kebutuhan dan merumuskan problematika pada unsur-unsur dan sistem bimbingan dan konseling dari sudut pandang sosial budaya.

  • menggunakan pemahaman tentang kebutuhan dan rumusan problematika pada unsur dan sistem bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspek sosial budaya untuk mengembangkan rencana bantuan bimbingan dan konseling yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat developmental atau preventif atau kuratif atau perseperatif serta kolaboratif pada sekolah formal.

  • mahasiswa mampu melaksanakan secara tebatas rencana bantuan yang telah disusun berdasarkan aspek sosial budaya, yang rencana bantuan itu dapat mencakup layanan dasar atau layanan responsive atau perencanaan individual atau dukungan sistem secara klasikal atau kelompok atau individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan (siswa khususnya) yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam sekolah formal.

Daftar Pustaka:
  • Atmoko, Adi. 2015. Landasan Sosial Budaya Bimbingan Berbasis Pemecahan Masalah. Malang: Universitas Negeri Malang

  • Christiansen, E. T., Kuure, L., Mørch, A., & Lindström, B. (2013). PROBLEM-BASED LEARNING FOR THE 21st CENTURY. Denmark: Aalborg University.

  • Sanapiah Faisal Saleh dan H.S.Mundzir, 2006.Sosiologi Pendidikan.Malang.Fakultas Ilmu Pendidikan

  • Soleman b.Taneko, 1984.Struktur dan Proses Sosial, suatu pengantar sosiologi pembangunan. Jakarta.CV.Rajawali.

  • Soerjono Soekanto.1990. Sosiologi,Suatu Pengantar.Jakarta.CV Rajawali.