Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep Dasar Pertumbuhan dan Perkembangan Umum; Prinsip-prinsip Pertumbuhan dan Hambatan Perkembangan Motorik; Perkembangan Fisik dan Motorik Sebelum dan Setelah Kelahiran; Perkembangan Fisik dan Motorik Masa Anakanak; Perkembangan Fisik dan Motorik Masa Remaja/Adolescence; Perkembangan Fisik dan Motorik Masa Dewasa; Karakteristik Perkembangan Fisik, Kognitif dan Motorik; Perkembangan Gerak berdasarkan Prinsip-prinsip Mekanik; Perkembangan Persepsi Kinetik; Perkembangan Kesadaran Gerak; Model-model Latihan untuk Pengembangan Gerak Olahraga dan Kesegaran Jasmani. Konsep belajar dan belajar motorik serta implikasinya, konsep keterampilan dan kemampuan motorik. faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar motoric, penerapan tahap-tahap belajar motoric, perbedaan konsep keterampilan dengan kemampuan motoric, analisis strategi-strategi mengelola arousal agar dalam kondisi yang optimal
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan menguasai konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan umum, prinsip-prinsip pertumbuhan dan hambatan perkembangan motorik, perkembangan fisik dan motorik dari sebelum dan setelah kelahiran sampai masa dewasa
  • Memahami dan mengusai karakteristik perkembangan fisik, kognitif dan motorik, perkembangan gerak berdasarkan prinsip-prinsip mekanik, perkembangan persepsi kinetik, perkembangan kesadaran gerak,
  • Memahami dan mampu mengaplikasikan model model latihan untuk pengembangan gerak dan kesegaran jasmani atlet/anak latih
  • Memamahami dan mampu evaluasi perkembangan motorik. Bentuk evaluasi dalam mengukur keberhasilan anak dalam perekembangan motoriknya. Cara mengevaluasi pada berbagai jenis keterampilan gerak dasar antara tingkatan usia anak
  • Memahami dan menjelaskan konsep belajar dan belajar motorik serta implikasinya
  • Memahami dan menjelaskan konsep keterampilan dan kemampuan motorik
  • Memahami ndan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar motorik
  • Menjelaskan dan memberikan ilustrasi aplikasi penerapan teori pemrosesan informasi
  • Memahami dan menjelaskan ilustrasi penerapan tahap-tahap belajar motorik
  • Memahami dan Menjelaskan perbedaan konsep keterampilan dengan kemampuan motorik
Daftar Pustaka:
  • Croix, M.D.S. and Korff, T. eds., 2013. Paediatric biomechanics and motor control: theory and application. Routledge
  • Haywood, K.M. and Getchell, N., 2018. Life span motor development. Human kinetics
  • Schmidt, R.A. and Wrisberg, C.A., 2008. Motor learning and performance: A situation-based learning approach. Human kinetics
  • Schmidt, R.A. and Lee, T.D., 2018. Motor learning and performance: from principles to application. Human Kinetics
  • Fairbrother, J.T., 2010. Fundamentals of motor behavior. Champaign, IL: Human Kinetics
  • Renshaw, I., Davids, K. and Savelsbergh, G.J. eds., 2010. Motor learning in practice: A constraintsled approach. Routledge