Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Kegiatan perkuliahan berupa pencarian informasi dan diskusi terkait: sejarah perkembangan ilmu; konsep filsafat, ilmu, filsafat ilmu, dan tujuan filsafat ilmu; dasar-dasar pengetahuan; cabang filsafat; sarana berpikir ilmiah; metode ilmiah; kebenaran ilmiah; strategi pengembangan ilmu; dan etika keilmuan.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep teoretis aspek ontologi, epistemologi, aksiologi ilmu dalam rumpun ilmu sosial dan humaniora.
  • Menganalisis ontologi dalam paradigma positivisme sampai dengan post-modernisme.
  • Menerapkan keterampilan epistemologi kedalam pengembangan ilmu.
  • Menganalisis aksiologi ilmu kedalam manfaat positif dan negatif.
  • Memanfaatkan ontologi, epistemologi dan aksiologi dalam pengembangan profesionalitas dan kapabilitas sebagai pendidik.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Daftar Pustaka:
  • Al Muchtar, Suwarma. 2013. Epistemologi Penidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi.
  • Bertens, Kees. 2004. Paronama Filsafat. Jakarta: Gramedia.
  • Habermas, Jurgen. 1995. Ilmu dan Teknologi. Jakarta: Gramedia.
  • Khun, Thomas. 2006. Revolusi Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rajawali Press.
  • Sumasumantri, Jujun. K. 2005. Ilmu dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Obor.
  • Van Peursen, C. A. 2005. Orientasi ke Alam Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
  • Van Melsen, A.G.M. and Bertens, K. 2001. Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita. Jakarta: Gramedia.