Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
PA-A
Deskripsi:
Materi esensial IPA fisika merupakan materi IPA di pendidikan dasar, tetapi khusus yang menyangkut fenomena fisika. Analisis konsep-konsep esensial mengedepankan pembahasan rangkaian antarkonsep dengan tetap berorientasi kepada berpikir tingkat tinggi dan aspek-aspek keterampilan proses dan STEM. Pengembangan bahan ajar dan perencanaan pembelajaran materi IPA Fisika tetap mengacu kepada hasil analisis konsep-konsep esensial dan memenuhi unsur-unsur TPACK. Dalam perkuliahan ini mahasiswa melakukan studi kasus pelaksanaan kurikulum dan menyusun kurikulum operasional pembelajaran IPA Fisika dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi pembelajaran masa kini.
Capaian Pembelajaran
  • Matakuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis konsep-konsep esensial, menumbuhkan keterampilan proses, dan mengembangkan bahan ajar materi IPA Fisika di pendidikan dasar, serta merancang pembelajarannya.
  • Matakuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis konsep-konsep esensial, menumbuhkan keterampilan proses, dan mengembangkan bahan ajar materi IPA Fisika di pendidikan dasar, serta merancang pembelajarannya.
Daftar Pustaka:
  • Gauch, H. G. (2003). Scientific Method In Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Nola, R & Sankey, H. (2007). Theories of Scientific Method. Stocksfield: Acumen
  • Sarkar, S & Pfeifer, J. (2006). The Philosophy of Science. An Encyclopedia. New York: Taylor & Francis Group
  • Flick, L. B. & Lederman, N. G. (2006). Scientific Inquiry and Nature of Science. Dordrecht: Springer.
  • Kosso, P. (2011). A Summary of Scientific Method. New York: Springer
  • Biggs, et al. (2008). Science Level Green. New York: Mc Graw Hill/Glencoe.