Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini menyajikan wawasan tentang (1) Belajar Bahasa Kedua atau bahasa asing (a) hakikat belajar bahasa kedua atau bahasa asing, (b) aspek-aspek dinamis dalam pembelajaran bahasa kedua, (c) perspektif historis, (d) pikiran multilingual, (e) karakteristik pelajar asing, dan (f) peran pembelajaran formal, (2) Teori pembelajaran bahasa kedua (a) ragam teori pembelajaran bahasa kedua, (b) kondisi pembelajaran bahasa kedua, (c) interlanguage, (d) variabilitas, (e) keberagaman bahasa, (3) Pandangan behavioristik tentang belajar bahasa asing (a) teori Belajar Behavioristik, (b) kebiasaan, (c) kesalahan berbahasa, (4) Teori pemerolehan bahasa kedua (a) hipotesis pemerolehan bahasa kedua, (b) perbedaan pemerolehan dan pembelajaran bahasa kedua, (c) hipotesis urutan alamiah: bentuk bahasa transisional, (d) hipotesisi monitor: variasi individu dalam penggunaan monitor, (5) hipotesisi masukan: pernyataan hipotesisi dan bukti pendukung, (f) hipotesisi saringan afektif, (5) Faktor-faktor yang memengaruhi belajar bahasa kedua (a) perbedaan individu: usia, jenis kelamin, kerja memori, pengetahuan sebelumnya, (b) factor eksternal: input dan interaksi, dan (c) pemerolehan bahasa kedua orang dewasa: interaksi antara factor internal dan eksternal, (6) Teori tentang masukan bahasa dan pemerolehan bahasa (a) refleksi ‘Input’ dan ‘Intake’, (b) model teori connectionism, (c) pendekatan Interactionist, (d) makna ‘comprehensible input’, (e) model generativist, (f) model cognitivist, dan (g) teori autonomous induction, (7) Lingkungan belajar Bahasa kedua atau bahasa asing (a) lingkungan alamiah dalam pemerolehan bahasa kedua, dan (b) lingkungan kelas dalam pemerolehan bahasa kedua, (8) Karakteristik bahasa pelajar (a) fenomena bahasa antara, dan (b) bukti-bukti pendukung hipotesis bahasa antara, (9) Kompetensi leksikal dan kesalahan leksikal (a) pemerolehan kosakata bahasa kedua, (b) kosakata pelajar muda, (c) persamaan dan perbedaan pemerolehan kosakata bahasa pertama dengan bahasa kedua, (d) variabel yang memengaruhi produksi leksikal: tingkat kemampuan pelajar dan jumlah kosakata, (10) Penggunaan kosakata dalam karangan (a) pengembangan keterampilan menulis, (b) penilaian tulisan pelajar asing, (11) Strategi komunikasi pelajar bahasa kedua (a) pengertian strategi komunikasi, (b) fungsi kompetensi komunikatif, (c) faktor-faktor yang perlu diperhatikan, dan (d) penerapan strategi komunikasi, (12) Koreksi sebagai masukan dalam pembelajaran bahasa kedua (a) jenis kesalahan bahasa pelajar, (b) analisis penyebab kesalahan bahasa pelajar, (c) koreksi sebagai lingkungan mikro dalam pembelajaran bahasa, (d) pengujian hipotesis sebagai upaya memperoleh koreksi, dan (e) teknik koreksi kesalahan bahasa pelajar, (13) Strategi kognitif dalam pemahaman bacaan (a) konsep dasar strategi kognitif, (b) macam-macam strategi kognitif pemahaman bacaan, dan (c) metode kajian strategi kognitif pemahaman bacaan, (14) Modifikasi bahasa guru dalam interaksi pembelajaran bahasa kedua (a) guru dalam interaksi belajar-mengajar di kelas, (b) bahasa guru sebagai masukan pembelajaran bahasa, dan (c) modifikasi bahasa guru, dan (15) Peran budaya dalam belajar bahasa (a) perbedaan budaya dalam persepsi pembelajaran yang berfokus pada bentuk, dan (b) kontribusi pengalaman belajar bahasa asing terhadap pengembangan identitas multibudaya
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai wawasan teori belajar Bahasa kedua/asing
  • Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur pemeroleh dan pembelajaran Bahasa kedua/asing
  • Menerapkan wawasan, prinsip dan, prosedur pemerolehan Bahasa dalam pembelajaran BIPA
Daftar Pustaka:
  • 1. Arabski, Janusz & Wojtaszek, Adam (Editors). 2011. Aspects of Culture in Second Language Acquisition and Foreign Language Learning. London: Springer
  • 2. Gass, Susan M. dan Selinker, Larry.2008. Second language acquisition : an introductory course. New York: Routledge
  • 3. Kees de Bot, Wander Lowie and Marjolijn Verspoor. 2005. Second Language Acquisition An advanced resource book. Canada: Routledge.
  • 4. Krashen, Stephen D. 1981. Second Language Acquisition and Second Language Learning. Pergamon Press Inc.
  • 5. Krashen, Stephen D. 1982. Principles and Practice in Second Language Acquisition. California: Pergamon Press Inc.
  • 6. Lach, María Pilar Agustín.2011. Lexical Errors and Accuracy in Foreign Language Writing. Bristol, Buffalo, and Toronto: Multilingual Matters.
  • 7. Pawlak, Miroslaw, Ewa Waniek-Klimczak and Jan Majer. 2011. Speaking and Instructed Foreign Language Acquisition. Bristol, Buffalo, and Toronto: Multilingual Matters.
  • 8. Rast, Rebekah.2008. Foreign Language Input: Initial Processing. Bristol, Buffalo, and Toronto: Multilingual Matters.
  • 9. Sanz, Cristina. 2005. Mind and Context in Adult Second Language Acquisition Methods, Theory, And Practice. Washington DC: Georgetown University Press.
  • 10. Spolsky, Bernard.1998. Conditions for Second Language Learning Introduction to a general theory. Oxford: Oxford University Press.
  • 11. Suyitno, Imam, dkk. 2018. Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA: Acuan Dasar Pengembangan Literasi Komunikatif Pelajar BIPA. Bandung: PT Refika Aditama. 12. Suyitno, Imam. 2017. Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: PT Refika Aditama. 13. Suyitno, Imam. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA, Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT Refika Aditama. 14. Suyitno, Imam. 2021. Pembelajaran BIPA, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikanya. Bandung: PT Refika Aditama. 15. Suyitno, Imam.2008. Dimensi Teoretis dan Metodologis Belajar Bahasa Asing: Landasan Teori Pembelajaran BIPA. Malang: Cakrawala Indonesia.