Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas (1) konsep dasar bahasa pelajar BIPA (a) latar belakang pelajar BIPA, (b) pengertian dan karakteristik bahasa pelajar BIPA, dan (c) faktor-faktor yang mempengaruhi bahasa pelajar BIPA, (2) hakikat kesalahan berbahasa (a) pengertian Kesalahan Berbahasa, (b) kategori kesalahan berbahasa, dan (c) sumber kesalahan berbahasa, (3) analisis kesalahan berbahasa (a) pengertian analisis kesalahan berbahasa, (b) perbedaan kesalahan dan kesilapan berbahasa, (c) tujuan analisis kesalahan berbahasa, dan (d) metodologi analisis kesalahan berbahasa, (4) signifikansi pemahaman kesalahan bahasa pelajar (a) idiosinkratik dan analisis kesalahan, (b) deskripsi bahasa pelajar, (c) peran penafsiran dalam kajian kesalahan bahasa pelajar, (d) analisis kesalahan dan pengajaran remedial, dan (e) kajian bahasa antara, (5) paradigma kesalahan bahasa pelajar (a) definisi kesalahan bahasa pelajar, (b) bahasa pelajar dan bahasa penutur asli, (c) cakupan analisis kesalahan berbahasa, dan (d) error dan mistake dalam pemerolehan Bahasa, (6) mendeteksi kesalahan bahasa pelajar (a) deskripsi kesilapan dan kesalahan, (b) menentukan letak kesalahan, dan (c) mengklasifikasikan jenis kesalahan, (7) level kesalahan bahasa pelajar (a) kesalahan substansi, (b) kesalahan teks, (c) kesalahan leksikal, (d) kesalahan tatabahasa, dan (e) kesalahan wacana, (8) mendiagnosis kesalahan bahasa pelajar (a) deskripsi dan diagnosis, (b) pengabaian dan penghindaran, (c) kesalahan interlingual (pengaruh bahasa ibu), (d) kesalahan intralingual (bahasa target), (e) kesalahan strategi komunikasi yang digunakan, dan (f) kesalahan karena kataksaan makna, (9) koreksi kesalahan (a) apa yang dikoreksi, (b) bagaimana melakukan koreksi kesalahan, (c) bagaimana memperhatikan kesalahan, (d) kaidah dan peran koreksi kesalahan, dan (e) koreksi kesalahan sebagai alternatif pembelajaran yang berpusat pada bentuk Bahasa.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep kesalahan berbahasa
  • Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur analisis kesalahan berbahasa
  • Menerapkan prinsip dan prosedur analisis kesalahan berbahasa dalam pembelajaran BIPA
Daftar Pustaka:
  • 1. Corder, S.P. 1982. Error Analysis and Interlanguage. Oxford: Oxford University Press.
  • 2. Ferris, Dana R. 2014. Treatment of error in second language student writing. Michigan: The University of Michigan Press
  • 3. James, Carl. 2013. Errors in Language Learning and Use Exploring Error Analysis. New York: Routledge.
  • 4. Pawlak, Mirosław. 2014. Error Correction in the Foreign Language Classroom Reconsidering the Issues. New York: Springer
  • 5. Suyitno, Imam, dkk. 2018. Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA: Acuan Dasar Pengembangan Literasi Komunikatif Pelajar BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 6. Suyitno, Imam. 2017. Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 7. Suyitno, Imam. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA, Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT Refika Aditama.
  • 8. Suyitno, Imam. 2021. Pembelajaran BIPA, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikanya. Bandung: PT Refika Aditama.