Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dalam evaluasi seperti: penilaian, pengukuran, jenis penilaian, PAN, PAK, tabel spesifikasi, bentuk soal tes objektif, bentuk soal tes esai, interprestasi hasil tes, penetapan skor dan peringkat, analisis soal konsep, dasar assesment, assesment otentik, teknik assesment yang otentik, praktek penyusunan alat assesment, analisis instrumen assesment hasil belajar.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dasar-dasar evaluasi
  • Memahami teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Memiliki keterampilan dalam menyusun instrumen evaluasi.
  • Menjunjung tinggi moral dan etika dalam menjalankan penilaian.
Daftar Pustaka:
  • Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed) 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  • Corebima, AD. 2007. Asesemen Autentik, Materi Acuan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Malang: BPSG Rayon 15.
  • Gronlund, N. E. 1976. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Co.
  • Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM PRESS).
  • Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.
  • Purwanto, Edy. 2005. Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Malang: UM PRESS.
  • Samani, Muchlas, dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Sujana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.
  • Tim Pengembang. Penilaian Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen, Direktorat SLTP.
  • Tim Pengembang Pedoman Umum Penilaian. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  • Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.