Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
MK-MBKM
Deskripsi:

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah peminatan psikologi pendidikan yang mendalami berbagai teori tentang model-model pengajaran dan strategi-strategi pengajaran selain pendekatan konstruktivis. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mengeksplorasi kembali tentang teori-teori model pengajaran yang meliputi: kontekstual, kooperatif, saintifik, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis kehidupan. Mata kuliah ini juga menelaah tentang strategi-strategi pengajaran mencakup strategi pengelolaan isi pembelajaran, penyampaian isi dan pengelolaan interaksi dalam pembelajaran. Pada akhirnya dalam mata kuliah ini mahasiswa diminta merancang sebuah strategi pengajaran berdasar model tertentu pada setting pendidikan dasar, mennegah dan tinggi.


Capaian Pembelajaran
  • Mengeksplorasi konsep dan teori model-model pengajaran non-konstruktivis dengan tepat.

  • Mengeksplorasi konsep dan teori strategi-strategi pengajaran dengan menyeluruh.

  • Merancang berbagai model dan strategi pengajaran secara efektif.

Daftar Pustaka:
  • Slavin, Robert E. (2007). Psikologi pendidikan jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Indeks

  • Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi pendidikan edisi keenam jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

  • Buku “Psikologi Pendidikan” penulis: John Santrock.

  • Buku “Life Span Development” penulis: John Santrock.

  • Diktat Mata Kuliah “Psikologi Pendidikan Kontekstual di Indonesia” penulis Aji Bagus Priyambodo.

  • Joyce, B.R., Weil, M., & Calhoun, E. 2015. Models of Teaching (9th Ed.). Pearson

  • Reigeluth, C.M., &Carr-Cheliman A. (Eds.). 2009.A.Instructional-Design Theories & Models: Building a Common Knowledge Base Vol III. New York: Routledge.

  • Santrock, J.W., Woloshyn, V.E., Gallagher, T.L., Di Petta, T., & Marini, Z.A. 2007. Educational Psychology (2nd Canadian Ed.). Toronto: McGraw-Hill/Ryerson .

  • Wilson, B.G. (Ed.) 1996. Constructivist Learning Environments. New Jersey: Educational technology Publication.

  • Eggen, P., & Kauchak, D. 2010.Educational Psychology Windows on Classrooms (8th Edition). Columbus, OH: Merrill

  • Hitipeuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.