Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
MK-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami, menerapkan, dan menganalisis tentang penerapan konsep-konsep, teori-teori konsep umum tentang psikologi kelompok; proses kelompok utama, konflik dan managemen konflik,kepemimpinan dan kepengikutan, pengambilan keputusan dalam kelompok, strategi pemecahan masalah kelompok, serta pendekatan komunitas mengenai permasalahan sosial yang ada.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa menjelaskan konsep umum serta menguasai teori psikologi kelompok, proses kelompok utama, dan prinsip-prinsip pendekatan komunitas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan mental
Mahasiswa menganalisa dan memberikan solusi atas persoalan psikologis non-klinis mengenai hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya
Anderson, M. H., & Sun, P. Y. (2017). Reviewing leadership styles: Overlaps and the need for a new ‘full‐range’theory. International Journal of Management Reviews, 19(1), 76-96.
Mello, A. L., & Delise, L. A. (2015). Cognitive diversity to team outcomes: The roles of cohesion and conflict management. Small Group Research, 46(2), 204-226.
Hogg, M. A., Abrams, D., & Brewer, M. B. (2017). Social identity: The role of self in group processes and intergroup relations. Group Processes & Intergroup Relations, 20(5), 570-581.
Spears, R., & Postmes, T. (2015). Group Identity, Social Influence, and Collective Action Online. The handbook of the psychology of communication technology, 23-46.
Forsyth, D. R. (2010). Group dynamics (5th Ed). CA: Wadsworth Cengage Learning.
- Teacher: NUR EVA