Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
MK-MBKM
Deskripsi:

Mata Kuliah ini merupakan sebuah pengantar psikologi politik yang pembahasannya difokuskan pada proses mental yang mendasari penilaian, dan pembuatan keputusan pada fenomena politik seperti bagaimana karakteristik pemilih dan pemimpin politik, bagaimana individu dan kelompok berfikir tentang politik, membuat keputusan politik dan terlibat dalam perilaku politik. Kuliah ini akan mengenalkan dan mendiskusikan teori dan konsep penting, membahas penelitian dan metode yang digunakan dalam psikologi politik dengan bacaan dan teori yang sebagian besar dari perilaku politik di Amerika Serikat, dan  mahasiswa didorong untuk memikirkan penerapannya di Indonesia.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis konsep dan isu-isu teoretik dalam proses mental, sikap dan perilaku manusia pada fenomena politik di Indonesia yang dipengaruhi oleh aspek, proses, fungsi dan dinamika psikologis.

  • Mahasiswa mampu menerapkan konsep dan isu-isu teoritis dalam proses mental, sikap dan perilaku manusia pada fenomena politik di Indonesia yang dipengaruhi oleh aspek, proses, fungsi dan dinamika psikologis terhadap diri sendiri atau orang lain.

Daftar Pustaka:
  • Cottam, M. L. (2012). Pengantar Psikologi Politik. Jakarta: Rajawali press.

  • Dunn, K and Singh, SP (2014) Pluralistic conditioning: social tolerance and effective democracy. Democratization, 21 (1). 1 - 28. ISSN 1351-0347. https://doi.org/10.1080/13510347.2012.697056

  • Houghton, D. P. (2009). “Political Psychology”, New York: Routledge, Ch.1, pp.2-9 .

  • Kahneman, D. (2003). A perspective on judgement and choice: mapping bounded rationality. American Psychologist 58, (9), pp. 697-720.

  • Klandermans, P. G. (2014). Identity Politics and Politicized Identities: Identity Processes and the Dynamics of Protest. Political Psychology, Vol. 35, No. 1,doi: 10.1111/pops.12167

  • Kühne, R. (2014). Political News, Emotions, and Opinion Formation: Toward a Model of Emotional Framing Effects.  National Centre of Competence in Research (NCCR) Challenges to Democracy in the 21st Century. Working Paper No. 68. www.nccr-democracy.uzh.ch/publications/wp_68.pdf

  • Lenz, G. S. (2009) Learning and Opinion Change, Not Priming: “Reconsidering the Priming Hypothesis.” American Journal of Political Science 53, no. 4: 821–837.

  • Marcus, G. E. (2000). Emotions in politics. Annu. Rev. Polit. Sci. 2000. 3:221–50.

  • Moghaddam, F. M. (2016). The Psychology of Democracy. Washington DC: American Psychology Association.

  • Van Stekelenburg, J., Van Leeuwen, A. and Van Troost D. (2013). The Wiley-Blackwell Encyclopedia of Social and Political Movements, Edited by David A. Snow, Donatella della Porta, Bert Klandermans, and Doug McAdam. Blackwell Publishing Ltd. DOI: 10.1002/9781405198431. wbespm163