Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas metodologi penelitian pendidikan sastra Indonesia, yang meliputi: (1) hakikat penelitian PSI, (2) ruang lingkup penelitian PSI, (3) prinsip-prinsip penelitian PSI, (4) kriteria masalah yang tepat untuk penelitian PSI, (5) memililih masalah untuk penelitian PSI, (6) pendekatan dan desain dalam penelitian PSI, (7) sumber data penelitian PSI, (8) instrumen penelitian PSI, (9) teknik pengumpul¬an data penelitian PSI, (10) karakteristik dan wujud data penelitian PSI, (11) analisis data penelitian PSI, Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami metodologi penelitian PSI sehingga mampu menulis dan menghasilkan proposal penelitian penelitian PSI secara benar
Capaian Pembelajaran
  • 6.1 Mahasiswa dapat menguasai sejumlah konsep dasar penelitian bahasa, menyusun proposal dan rancangan penelitian bahasa Indonesia, mengumpulkan dan menganalisis data penelitian bahasa Indonesia, dan menyusun laporan penelitian bahasa Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • 1. Abdul Chaer. 2007. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran. Jakarta: Penerbit RINEKA CIPTA
  • 2. Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  • 3. Tri Mastoyo Jati Kesuma. 2007. Pengantar Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Carasvatibooks
  • 4. Universitas Negeri Malang. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malag: UM Press