Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
M1-M1
Deskripsi:
Mengkaji fenomena airtanah sebagai bagian dari objek material geografi lain, seperti litosfer, hidrosfer, antroposfer, biosfer dalam geosfer menggunakan model pembelajaran life based learning dalam memperoleh pengetahuan secara mendalam dan sesuai dengan kondisi factual di kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat diterapkan untuk memecahkan masalah secara kritis dan kreatif, fenomena tersebut meliputi pembentukan airtanah, potensi airtanah, eksploitasi dan konservasi airtanah, pencemaran airtanah, dan intrusi air laut
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan secara efektif dan efisien serta mengambil keputusan secara tepat sesuai dengan konteksnya
Daftar Pustaka:
  • Kodoati, Robert J., dan Roestam Sjarief, 2010. Tata Ruang Airtanah. Andi, Yogyakarta
  • Krusseman, GP, and De Ridder, NA, 1970. Analysis and Evaluation of Pumping Test Data. International Institute for Land Reclamation and Improvement, Wageningen.
  • Krusseman, GP, and De Ridder, NA, 1970. Analysis and Evaluation of Pumping Test Data. Second Edition (Revised Completely). Reprinted Year 2000. International Institute for Land Reclamation and Improvement, Wageningen
  • Tood, DK. 1980. Groundwater Hydrology. California: John Wiley & Sons, Inc.
  • Utaya, Sugeng, 2012. Pengantar Hidrologi. Aditya Media Publishing, Malang
  • US Environmental Protection Agency, 1995. Technical Guidance Manual For Hydrogeologic Investigations And Ground Water Monitoring. US Environmental Protection Agency