Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-18GB
Deskripsi:
Memahami teori/konsep, model, dan implementasi kurikulum pendidik¬an teknologi dan kejuruan
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dan definisi kurikulum.
  • Memahami jenis kurikulum.
  • Memahami landasan pengembangan kurikulum.
  • Menganalisis elemen kurikulum.
  • Merumuskan isi dan materi kurikulum.
  • Memahami konsep pendidikan teknologi dan kejuruan.
  • Memahami karakteristik pendidikan kejuruan.
  • Memahami landasan eksistensi pendidikan kejuruan.
  • Memahami kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan.
  • Memahami teori dan model pengembangan kurikulum PTK.
  • Memahami karakteristik kurikulum PTK.
  • Membedakan model content based curriculum, competency based curriculum.
  • Memahami struktur kurikulum SMK.
  • Menganalisis KTSP dan Scientific Approach (kurikulum 2013), dan
  • Evaluasi kurikulum.
Daftar Pustaka:
  • (1) Ansyar, M. 1989. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI, P2LPTK.
  • (2) Bean, A.J. Curriculum Planning and Development. London: Allyn Bacon, Incs.
  • (4) Depdiknas. 2004. Kurikulum SMK 2004. Jakarta: Direktorat Dikmenjur.
  • (5) Finch, R. C., Cruncilton, R. J. 1984. Curriculum Development in Vocational and Technical Educations. Boston: Allyn Bacon, Incs.
  • (6) Mclean R., Wilson, D. 2009. International handbook of Education for the Channging World of Work. Bridging Academic and Vocating Learning. Bonn. Germany: UNEVOC Springer
  • (8) Sukamto. 1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • (9) Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • (10) Wardiman, D. 1998. Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.
  • (3) Calhoun, C.C., Finch, A.A. 1982. Vocational Education: Concepts and Operations. Belmount: Wadsworth Publication Company.
  • (7) Nana S.S. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.