Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
P9-P9
Deskripsi:
Membahas konsep dasar dan prosedur ragam penelitian kuantitatif, yang meliputi penelitian kuantitatif non-ekperimental (deskriptif, korelasional, dan kausal-komparatif), dan penelitian kuantitatif eksperimental (pra-eksperimen, eksperimen sejati, dan eksperimen kuasi); identifikasi dan perumusan permasalahan penelitian, hipotesis dan asumsi penelitian, populasi dan samperl penelitian, instrumen penelitian, pengumpulan dan analisis data penelitian, dan pelaporan penelitian. Mahasiswa melakukan eksplorasi dan diskusi untuk menganalisis hasil-hasil penelitian Pendidikan Fisika (skripsi dan artikel) untuk memperoleh contoh dan ide inovatif untuk usulan penelitian skripsi masing-masing yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk proposal penelitian
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian kuantitatif berdasarkan ragam rancangan penelitian kuantitatif secara sitematis dan komprehensif
  • Mengkaji, menganalisis dan mengomunikasikan hasil-hasil penelitian kuantitatif dalam Pendidikan Fisika secara kritis untuk menyelesaikan problematik pembelajaran Fisika
  • Merancang dan menganalisis instrumen penelitian kuantitatif dengan menggunakan validitas internal dan ekternal
  • Merancang dan menggunakan teknik analisis data dengan statistik penelitian yang tepat sesuai dengan ragam rancangan penelitian kuantitatif
  • Menganalisis data hasil penelitian kuatitatif dengan menggunakan program analisis data Berbasis computer (misal SPSS)
  • Menentukan dan merancang usulan penelitian Pendidikan Fisika berdasarkan ragam dan anatomi usulan penelitian kuantitatif.
  • Menyusun usulan penelitian pendidikan Fisika berdasarkan rancangan penelitian kuantitatif secara sitematis dan komprehensif.
Daftar Pustaka:
  • Andy Field. 2009. Discovering Statistics Using SPSS. Third Edition. London: SAGE Publications Ltd
  • Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education. New York, N.Y.: Routledge
  • Creswell, J.W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, (4thedition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2007. Educational Research, An Introduction (8th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Glenn Gamst, Lawrence S. Meyers, Dan A. J. Guarino. 2008. Analysis of Variance Designs: A Conceptual and Computational Approach with SPSS and SAS. New York: Cambridge University Press
  • J. Schreiber, Kimberly Asner. 2011. Self-Educational Research. John Wiley & Sons
  • Leech, N. G; Barrett, K. C.& Morgan, G. A. 2005. SPSS for intermediate statistics: Use and interpretation, 2nd edition. London: Lawrence Erlbaum Associates
  • Morgan, G. A, Leech, N. L, Gloeckner, G. W,& Barrett, K. C. 2004. SPSS for introductory statistics: Use and interpretation, 2nd edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Shrock, S.A., Coscarelli, W.C. 2007. Criterion Referenced Test Development Technical and Legal Guidelines for Corporate Training (3rdEdition). Maryland: John Wiley & Sons, Inc.
  • Tim UM, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press.