Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Hakikat Penelitian , Alat-alat Penelitian, Masalah Penelitian, Kajian Pustaka Penelitian, Rancangan Penelitian, Proposal, Penelitian Deskriptif, Penelitian Eksperimen, Penelitian Ekspos Fakto, Penggunaan Statistik untuk Analisis Data, Pelaporan Hasil Penelitian
Capaian Pembelajaran
  • Membedakan kegiatan penelitian dan bukan penelitian, menilai hasil penelitian orang lain, mengambil manfaat dari penelitian orang lain
  • Menganalisis berbagai pustaka sumber dan artikel jurnal yang terkait dengan bidang penelitian yang dipilih, untuk persiapan menyusun proposal penelitian
  • Mengembangkan instrument penelitian dan perangkat pembelajaran terkait dengan bidang penelitian yang dipilih
  • Merancang penelitian dalam bidang pendidikan biologi/IPA untuk dikembangkan menjadi proposal tesis
Daftar Pustaka:
  • Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.Anonimous, 2018. Pedoman Pengembangan Kurikulum UM. LP3 UM.
  • Cohen, L.; Manion, L.; Morrison, K. 2011. Research Methods in Education. Seventh Edition. London and New York: Routledge, Taylor and Francis Group
  • Cresswell, J.W. 2012. Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fourth Edition. Boston: Pearson International Edition
  • Fraenkel, J. R. dan Wallen, N.E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Higher Education
  • Leedy, P. D. And Ormrod, J.E. 2005. Practical Research. Planning and Design. Eighth Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson, Merril Prentice Hall
  • Susilo, H. 2018. Petunjuk Praktikum Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: PSSJ Pendidikan Biologi PPS Universitas Negeri Malang