Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:
Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri dan
mengetahui tentang: (1) bahasa visual sebagai media komunikasi, (2)
mengetahui implementasi bahasi visual sebagai ikonografi, indexical, dan sign system ke dalam infografis, (3)
menghasilkan produk karya melalui tahapan-tahapan
dari dasar sampai menjadi suatu konsep yang kompleks, dan (4) menghasilkan
dihasilkan karya desain yang kreatif
Capaian Pembelajaran
Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang bahasa visual.
Menggali ide ikonografi, indexical, dan sign system yang memiliki fungsi sebagai informasi, komunikasi, dan promosi..
Merancang grafik lingkungan berdasarkan unsur dan prinsip desain berdasarkan etika perancangan.
Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya grafis lingkungan yang dirancangnya.
Sumbo Tinarbuko.2009, Semiotika Komunikasi Visual, yogyakarta: Jalasutra.
Yasraf Amir Piliang. 2012, Semiotika dan Hipersemiotika, Jakarta: Serambi.
Tim Infografik Kompas. 2014, Indonesia dalam Infografik, Jakarta: Kompas.
Jason Lankow, Josh Ritchie, Ross Crooks. 2014, Infographics: The Power of Visual Storytelling, New Jersey: John Willey & Sons.
Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2015, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems, New Jersey: John Willey & Sons.
Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2007, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems, New Jersey: John Willey & Sons.
- Teacher: Yon Ade, S.Sn, M.Sn, A.C.A