Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Pemikiran filsafat dan landasan berpikir filsafat dalam menganalisis masalah sesuai bidang ilmu; etika keilmuan; hakikat sains (NOS) dan inkuiri saintifik, filsafat konstruktivistik dan behavioristik, isu-isu mutakhir yang berkembang dalam dunia pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Menggunakan landasan berpikir filsafat dalam menganalisis masalah sesuai bidang ilmu secara kritis dan inovatif
  • Menerapkan etika pengembangan ilmu dan pemikiran filsafat dalam merancang gagasan pemecahan masalah secara kreatif, inovatif, transdisiplin, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  • Mendeskripsikan hakikat sains (the Nature of Science) dan inkuiri saintifik.
  • Mendeskripsikan hakikat pendidikan sains menurut filsafat konstruktivistik dan filsafat behavioristik.
  • Mengaitkan permasalahan filosofis dengan pendidikan sains dan teknologi.
  • Mengajukan pandangan filosofis pribadi terhadap sains dan teknologi serta membuat kesimpulan terkait dengan isu-isu mutakhir yang berkembang dalam dunia pendidikan.
  • Mendesain pembelajaran sains berbasis hakikat sains (NOS).
Daftar Pustaka:
  • Bernal, P.J. 2006. Addressing the Philosophical Confusion Regarding Constructivism in Chemical Education. Journal of Chemical Education, Vol. 83(2): 324-326.
  • Cahn, S.M. 2012. Classic and Contemporary Readings in the Philosophy of Education. Second Edition. Oxford University Press. Inc
  • Derek, Hodson. 1985. Philosophy of science, science and science education. Studies in Science Education, No.12: 25-57
  • Flick, L.B. & Lederman, N.G. 2006. Scientific Inquiry and the Nature of Science: Implication for Teaching, Learning & Science Education. Nederland: Springer
  • Godfrey-Smith, 2013. P. Theory and Reality: An Introduction to the Philosophy of Science (Science and Its Conceptual Foundations series) 1st Edition. The University
  • Iphofen, R. 2020. Handbook of Research Ethics and Scientific Integrity. Springer International Publishing
  • McComas, W. F., Clough, M.P., & Almazroa, H. 1998. The role and character of the nature of science in science education. In W. F. McComas (Ed.), The nature of science in science education: Rationales and strategies. Netherlands: Kluwer Academic Publishers
  • McComas, W.F. 1998. The principle elements of the nature of science: Dispelling the myths. In W.F. McComas (Ed.), The nature of science in science education: Rationales and strategies (pp. 53–70). Dordrech: Kluwer Academic Publishers.
  • Phillips, D.C. and Siegel, Harvey. 2013. Philosophy of Education", The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Winter 2013 Edition).
  • Rosenberg, A. 2012. Philosophy of Science: A Contemporary Introduction (Routledge Contemporary Introductions to Philosophy). 3rd Edition. Tayor & Francis.
  • Suriasumantri, S.J 2010. Ilmu dalam Perspetif. Jakarta: PT. Gramedia