Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
IKM-MBKM
Deskripsi:
Konsep manajemen mutu (objek, definisi, model system), mutu pelayanan kesehatan di Indonesia (fungsi, customer requirement, regulasi visi dan misi, dan analisis pelayanan kesehatan di Indonesia), manajemen mutu dalam pelayanan kesehatan reproduksi, teori manajemen mutu, Total Quality Management (TQM), continous quality improvement, gugus kendali mutu.
Capaian Pembelajaran
  • Mendeskripsikan dan menganalisis tentang standart pelayanan kesehatan reproduksi, kualitas petugas layanan kesehatan, ketersediaan sarana dan prasarana, konseling dan hak-hak kewajiban klien dan petugas layanan kesehatan, terutama layanan kesehatan produksi.
  • Mendeskripsikan dan menganalisis kualitas mutu pelayanan kesehatan reproduksi di Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • Suryadi C dkk, 2002, Kesehatan Reproduksi, Buku I dan II, FKM UI
  • A.A Gde Muninjaya.Manajemen Kesehatan Edisi 2,EGC.Jakarta.2004
  • Departemen Kesehatan RI.Manajemen Kesehatan Edisi 2.EGC,Jakarta.2001
  • Fandi Tjipto & Anastia Diana. Total Quality Management.Edisi Revisi.Penerbit Andi.Yogyakarta.2001
  • JoAnn B.Habereb dan MaryLou W.Webb.Total Quality Management.PT Indeks.Jakarta.Cetakan1;2010
  • Wijono D, dr,MS. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan.Airlangga University Press.Vol 1.1999.
  • Al-Assaf, A.F. 2009. Mutu Pelayanan Kesehatan :Perspektif Internasional. Jakarta : EGC
  • Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia. 2007.Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 Tentang Standar Pelayanan Minimal RumahSakit. Jakarta.
  • Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2003. Pedoman Operasional Pelayanan Terpadu Kesehatan Reproduksi di Puskesmas. Jakarta : Direktorat Kesehatan Keluarga Ditjen Binkesmas.