Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang cara elemen yang ada dalam manajemen hubungan pelanggan meliputi internal dan eksternal pemasaran. Materi yang dibahas pada matakuliah ini meliputi konsep dasar manajemen hubungan pelanggan. Mahasiswa juga akan mempelajari teori, konsep dan kasus yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan manajemen hubungan pelanggan. Tagihan matakuliah ini di akhir semester terdiri dari beberapa poin penilaian, yaitu penialaian individu, penilaian berkelompok, partisipasi kelas dan ujian tengah semester maupun ujian akhir semester
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan komponen yang ada di dalan manajemen hubungan pelanggan
  • Mahasiswa dapat memahami dan mampu menganalisis hal yang berkaitan dengan customer relationship management (CRM)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan memberikan solusi terhadapa permasalahan CRM
  • Mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai metodologi, proses dan mengukur tingkat efektivitas manajemen hubungan pelanggan.
Daftar Pustaka:
  • Harvard Business Review Article
  • Payne, A. and Frow, P. (2013). Strategic Customer Management: Integrating Relationship Marketing and CRM, Cambridge University Press.
  • Egan, J. (2011) Relationship Marketing: Exploring relational strategies in marketing(4th Edition). Financial Times/Prentice Hall.