Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Pengantar/ruang lingkup sosiologi pendidikan; bentuk dan dinamika di lingkungan pendidikan; interaksi dan stratifikasi sosial di lembaga pendidikan; proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian pendidikan; nilai dan norma kehidupan sosial; fenomena konflik dan problematika di lingkungan pendidikan; sikap edukatif pada masyarakat multicultural; perilaku pendidik dalam menghadapi perubahan era globalisasi; kritis, terbuka dan peka terhadap masalah kependidikan.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Pengantar/ruang lingkup sosiologi pendidikan; bentuk dan dinamika di lingkungan pendidikan; interaksi dan stratifikasi sosial di lembaga pendidikan; proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian pendidikan; nilai dan norma kehidupan sosial; fenomena konflik dan problematika di lingkungan pendidikan; sikap edukatif pada masyarakat multicultural; perilaku pendidik dalam menghadapi perubahan era globalisasi; kritis, terbuka dan peka terhadap masalah kependidikan.
Capaian Pembelajaran
- Mamahami ruang lingkup sosiologi pendidikan.
- Menganalisis dinamika lingkungan lembaga pendidikan.
- Memahami pentingnya nilai dan norma dalam membentuk keteraturan guna menghadapi problematika di lingkungan lembaga pendidikan.
- Menerapkan perilaku yang tepat dalam menghadapi tantangan perubahan era globalisasi.
- Kritis, terbuka, dan peka terhadap masalah kependidikan.
- Abdullah, T. Dan leeden, A.C. V.D. 1986. Durkheim dan Pengantar Sosiologi Moralitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Berger, P.L. dan Luckmann, T. 1980. The Sosial Constructionof Reality. Harmondsworth: Penguin.
- Durkheim, E. 1983. Education and Society. Chicago: Free Press.
- Foucault, M. 2002. Kegilaan dan Peradaban. Madness and Civilization. Yogyakarta: Ikon.
- Freire, P. 1985. Pendidikan kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
- Habermas, J. 1990. Ilmu dan Teknologi Sebagai Ideologi. Jakarta: LP3ES.
- Habermas, J. 2004. Krisis Legitimasi. Yogyakarta: C.V. Qalam.
- Mannheim, K. 2002. Ideologi dan Utopia, Menyingkap kaitan Pikiran dan Politik. Yogyakarta: Kanisius.
- McClelland, D.C. 1983. ”The Achievement Motive in Economic Growth”, dalam B.F. Hoselitz dan W.E. Moore, Industrialisation and Society, UNESCO, The hague: Molton.
- Merton, R.K. 1979. Sosial Theory and Sosial Structure. Chicago: Free Press.
- Muhni, D. A. I. 2003. Moral & Religi Menurut Emile Durkheim & Henri Bergson. Yogyakarta: Kanisius.
- Nasikun. 1985. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
- Plaut, E.A. and Anderson, K. 1999. Marx on Suicide. Illinois: Northwestern Univercity Press.
- Prasetyo, W., 2009. Orang Miskin Dilarang Sekolah: (Mimpi-Mimpi Tak Terjamah). Diva Press.
- Robinson, P. 1986. Sosiologi Pendidikan, Beberapa Perspektif. Jakarta: PT Rajawali Pers.
- Soedjatmoko. 1984. Dimensi manusia dalam Pembangunan, Pilihan Karangan. Jakarta: LP3ES.
- Soedjatmoko. 1996. Etika Pembebasan, Pilihan Karangan Tentang: Agama, Kebudayaan, Sejarah dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
- Somantri, M.N., 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Teacher: Nyoman Ruja