Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Konsep dan Paradigma Ilmu Sosial, Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Perspektif dan Tujuan Ilmu Sosial, Teori Sosial dan Perubahan Sosial, Peran dan Fungs iSains dan Teknologi dalam Ilmu Sosial, Modal Sosial, Etikadan Moral Sosial, KecerdasanSosial, Patologi Sosial dan Konflik Sosial.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki etika dan kepribadian yang baik di dalam perkuliahan
  • Memahami paradigma ilmu sosial dasar
  • Memahami konsep esensial dalam ilmu sosial dasar
  • Trampil dalam mengkaji suatu masalah dengan menggunakan perspektif dalam wawasan ilmu sosial
  • Memahami ide ide pokok dalam wawasan ilmu sosial
Daftar Pustaka:
  • Astawa, Ida Bagus Made. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Press.
  • Banks, James. 2014. Strategi Pembelajaran untuk Pendidikan IPS: Inkuiri, Penilaian dan membuat keputusan. Bandung: UPI.
  • Budiman, Arief. 1996. Teori Pembangunan Duma Ketiga. Jakarta: Gramedia.
  • Clament, Kevin.P. 1997. Teori Pembangunan dari Kiri Ke Kanan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Craib, Ian, 1986, Teori-Teori Sosial Modern. Jakarta:Penerbit CV. Rajawali.
  • Daulay, M. Nur Husein, dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Depok: Rajawali Press.
  • Fajar, Arnie. 2016. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • Field, John. 2014. Modal Sosial. Bantul: Kreasi Wacana.
  • Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Kleden, Ignas. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: LP3ES.
  • Mac Kenzie, Norman. 1968. A Guide to Sosial Sciences, New York, Toronto, The New American Library.
  • Malo, Manasse (Ed). 1989. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Nasikun. 2018. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta. Rajawali Press.
  • Safarina dan Abdulah Idi. 2015. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat.
  • Santoso, Widjajanti Mulyono. 2016. Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Yoyakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial, Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  • Soetomo. 2013.Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Agung, D. A. G. (2017). Pemahaman Awal Terhadap Anatomi Teori Sosial Dalam Perspektif Struktural Fungsional Dan Struktural Konflik. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 9(2), 162–170.
  • Sayono, J. (2009). Civil Society (Masyarakat Madani) dalam Perspektif Pancasila. Pendidikan Nilai (Berkala), 7(1). Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-nilai/article/view/1915
  • Sulistyo, W. D. (2019). MENGGUGAH SENSITIVITAS SOSIAL MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI PRAKSIS SOSIAL. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(1), 38–46.