Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A/B-A/B
Deskripsi:

Mata kuliah kuliah ini memberikan pembahasan mendalam tentang kajian media baik dalam tataran filosofis, teoritis maupun praktis. Di dalam matakuliah ini pembahasan kajian media meliputi karakteristik media –baik terhadap media sebagai industri yang bersifat komersial (hegemoni media) serta perkembangan teknologi yang memengaruhi dinamika pengelolaan industri media. Termasuk di dalam pembahasan matakuliah ini pandangan tentang wacana media (media discourse) yang berkembang di masyarakat seperti ekonomi-politikdan ideologi media.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan kepada mahasiswa mengenai lingkup dan karakteristik kajian media yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis.


  • Mahasiswa mampu menganalisis fenomena komunikasi dalam konteks hubungan media, dan praktik manajemen media serta dampaknya bagi proses produksi konten media yang berimbas pada perkembangan masyarakat.


  • Mahasiswa dapat merancang dan merefleksikan kajian media dan kemungkinan diteruskan menjadi riset media

Daftar Pustaka:
  • Bateman A. John. (2018). Critical discourse analysis and film. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies p.612 -625. New York: Routledge

  • DeFleur, M.L. (2010). Mass Communication Theories. New York: Allyn & Bacon

  • Eriksson. (2018). Critical discourse analysis of reality television. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies p. 597-610. New York: Routledge


  • Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis


  • Flew, T. (2002). New media, An Introduction. Melbourne: Oxford University.

  • Gee, J. P. (2001). An Introduction to Discourse Analysis: Theory and Method. New York City: Routledge

  • Kelsey. (2018). Journalism and critical discourse studies. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies (p. 510 523). New York: Routledge


  • KhostaviNik. (2018). Social media critical discourse studies. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies p. 582-595. New York: Routledge


  • Lazar. (2018). Feminist critical discourse analysis. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies (p. 372-385). New York: Routledge


  • Martin, R. (2018). The discourse-historical approach. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies (p. 44-58). New York: Routledge


  • Mcluhan, M. (2005). Understanding Media: The extensions of man. London: Taylor and Francis


  • Motschenbacer. (2018).Sexuality in critical discourse study. In Flowerdew & Richardson (Eds), The routledge handbook of critical discourse studies (p. 388-400). New York: Routledge


  • Ott L. Brian & Mack L. Robert. (2014). Critical Media Studies: An introduction 2nd Edition. Oxford: Wiley Blackwell

  • Perse, M. Elizabeth. (2008). Media effect and Society. London: Taylor and Francis


  • Schiffrin, D. (2001). Discourse markers: language, meaning, context. In Schiffrin, Tannen, & Hamilton (Eds). The Handbook of Discourse Analysis p. 54-75. Massactusetts: Blackwell Publication


  • Turow, J. (2009). Media Today. An Introduction to Mass Communication. Third edition. Madison Ave Routledge