Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
P3-P3
Deskripsi:
Pentingnya pengembangan multimedia pembelajaran fisika; Instalasi Macromedia SWISH Max4; Pengenalan elemen dasar dalam Macromedia SWISH Max4; Pengenalan area kerja Macromedia SWISH Max4; Teknik menggambar garis lurus; Teknik menggambar garis lengkung; Teknik menggambar bangun 2 dimensi; Teknik mewarna; Teknik menggambar bangun 3 dimensi; Teknik animasi gerak linear; Teknik animasi gerak rotasi; Teknik animasi gerak melingkar; Teknik animasi zooming; Teknik animasi gerak pada lintasan bebas; Single scene; Button; Audio; Perencanaan multimedia pembelajaran fisika; Desain operasional; Sistem navigasi; Storyboard; Multi scene; Script; Teks; Pengembangan latihan soal menggunakan Macromedia SWISH Max4; Software perekam video – Camtasia Studio; Software editing video – Corel Video Studio Pro X3; Software konversi format file – Format Factory; Pengembangan multimedia pembelajaran fisika.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat menguasai software aplikasi untuk membangun multimedia pembelajaran fisika secara akurat.
  • Mahasiswa dapat menguasai konsep / prinsip / prosedur perencanaan, perancangan, dan pembuatan multimedia pembelajaran fisika
  • Mahasiswa mampu menghasilkan multimedia pembelajaran fisika yang inovatif dan kreatif
Daftar Pustaka:
  • Andreas Andi S. 2002. Membuat Animasi Flash Tanpa Flash dengan SWiSH, Jakarta. PT Elex Media Komputindo
  • Arry Maulana S. 2005. Cara Cepat Membuat Animasi Flash menggunakan SwiSHmax, Yogyakarta. ANDI OFFSET
  • Sardiman A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
  • Suryanto Tabrani. 2003. Movie & Game, Komputer Grafik dengan Flash Max, Jakarta. Penerbit Salemba Infotek