Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
F-A
Deskripsi:
Aspek pengetahuan yang diharapkan dikuasai (a) hakikat dan peranan asesmen dalam pembelajaran, (b) assessment for learning, assessment as learning, dan assessment of learning, (c) prinsip asesmen, serta (d) prosedur asesmen. Aspek keterampilan umum, meliputi mengemukakan gagasan secara kritis dan kreatif, serta mengelola data penilaian, sedangkan aspek keterampilan khusus meliputi kemampuan (a) mengembangkan perencanaan asesmen, (b) mengembangkan instrumen tes dan nontes, (c) menganalisis instrumen, (d) mengembangkan asesmen kinerja, (e) mengembangkan rubrik penilaian, (f) mengembangkan asesmen portfolio, (g) mengembangkan asesmen projek, serta (i) mengembangkan laporan hasil asesmen.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis konsep dasar, fungsi, jenis asesmen, prinsip asesmen, dan prosedur asesmen
  • Merencanakan dan mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran pendidikan dasar dengan penuh kreatif dan tanggung jawab serta mendayagunakan teknologi
  • Terampil memvalidasi instrumen asesmen yang telah dikembangkan
Daftar Pustaka:
  • Athanasou, James. A Teacher’s Guide to Assessment. Sidney: Social Science Press, 2002.
  • Banta, Trudy W and Palomba, Catherine A.Assessment in Higher Education. 2015. San Fransisco: John Wiley & Sons.
  • Brown, H. Douglas. Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Pearson Education, Inc., 2004.
  • Harsiati, Titik. Penilaian dalam Pembelajaran dalam Bidang Membaca dan Menulis. UM Press: 2011.
  • Harsiati, Titik. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. UM Press: 2013.
  • Harsiati, Titik. Modul Evaluasi PBI. 2017. Universitas Terbuka.
  • McMillan, H. James. Assessment Essential for Standards-Based Education (California: Corwin Press, 2008.
  • Scuh, Jhon H. Asessment Methods for Student Affairs.2009.USA: John Wiley, Inc.
  • Akbar, Sa'dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
  • Kusairi, Sentot. Asesmen Pembelajaran Sains. 2013. UM Press
  • Cholis Sa’dijah, Hajjah Rafiah, Muhana Gipayana, Abdul Qohar, Lathiful Anwar. Publication Date. 2016. Journal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan.
  • Sa’dijah, Cholis. Asesmen kinerja dalam pembelajaran matematika. 2009. Journal Jurnal pendidikan inovatif
  • Alderson, Charles. Assessing Reading. London: Cambridge University Press., 2000.