Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

1. konsep media pembelajaran menakup: a) pengertian, b) sejarah, c) jenis media, d) manfaat media, e) kriteria pemilihan dan penggunaan media; 2. Media sederhana, meliputi: a) kartu, b) peta, dan c) bahan otentik; 3) media pembelajaran unsur kebahasaan, meliputi: a) media pembelajaran kosakata dan b) media pembelajaran struktur bahasa; 4) media pembelajaran kemahiran berbahasa, meliputi: a) media pembelajaran menyimak, b) media pembelajaran berbicara, c) media pembelajaran membaca, dan d) media pembelajaran menulis; 5) media pembelajaran berbasis compute, meliputi: a) media audio berbasis computer, b) media visual berbasis computer, c) media pembelajaran interaktif, dan d) media pembelajaran berbasis internet.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memilih, menghasilkan, dan menggunakan media pembelajaran dengan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sekaligus menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.
  •  Mahasiswa mampu Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sekaligus menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.

Daftar Pustaka:
  • Asrori, Imam dan Ahsanuddin, Moh.. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: Bintang Sejahtera Press.

  •  Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada

  • Shini, Mahmud Ismail; Abdulaziz, Nashif Musthafa dan Husain, Mukhtar al-Thahir. 1991. Dalil al-Mu’allim ila Istikhdam ash-Shuwar wa al-Bithaqat fi Ta’lim al-Arabiyyah. Ar-riyadh: Maktabatu at-Tarbiyah al-Arabiyah li Duwal al-Khalij.

  • Rao, Bolla Mallikharjuna. 2014. Use of Media as an Instructional Tool in English Language Teaching (ELT) at undergraduate Level. Academic Journals. Vol 5(6) PP 141-143 August 2014. ISSN: 2131-2626