Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
1. konsep media pembelajaran menakup: a) pengertian, b) sejarah, c) jenis media, d) manfaat media, e) kriteria pemilihan dan penggunaan media; 2. Media sederhana, meliputi: a) kartu, b) peta, dan c) bahan otentik; 3) media pembelajaran unsur kebahasaan, meliputi: a) media pembelajaran kosakata dan b) media pembelajaran struktur bahasa; 4) media pembelajaran kemahiran berbahasa, meliputi: a) media pembelajaran menyimak, b) media pembelajaran berbicara, c) media pembelajaran membaca, dan d) media pembelajaran menulis; 5) media pembelajaran berbasis compute, meliputi: a) media audio berbasis computer, b) media visual berbasis computer, c) media pembelajaran interaktif, dan d) media pembelajaran berbasis internet.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu memilih, menghasilkan, dan menggunakan media pembelajaran dengan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sekaligus menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.
Mahasiswa mampu Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sekaligus menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri.
Asrori, Imam dan Ahsanuddin, Moh.. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: Bintang Sejahtera Press.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Shini, Mahmud Ismail; Abdulaziz, Nashif Musthafa dan Husain, Mukhtar al-Thahir. 1991. Dalil al-Mu’allim ila Istikhdam ash-Shuwar wa al-Bithaqat fi Ta’lim al-Arabiyyah. Ar-riyadh: Maktabatu at-Tarbiyah al-Arabiyah li Duwal al-Khalij.
Rao, Bolla Mallikharjuna. 2014. Use of Media as an Instructional Tool in English Language Teaching (ELT) at undergraduate Level. Academic Journals. Vol 5(6) PP 141-143 August 2014. ISSN: 2131-2626
- Teacher: Moch Wahib Dariyadi