Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai nilai keanekaragaman hayati yang dilihat dari aspek objektif dan aspek sumberdaya. Konsep keanekaragaman hayati ditinjau secara objektif daintaranya meliputi; genetika, sistematik, dan ekosistem. Peninjauan keanekaragaman hayati sebagai sumberdaya dikaji dari segi manfaat, keberadaan, jaminan masa depan, ekonomi, politis dan aspek lainnya. Penekanan dikonsentrasikan pada Biodiversitas Tropika Indonesia dan cara mengukur nilai keanekaragaman hayati suatu objek. Dalam matakuliah ini dikaji mengenai Keilmuan dan dan kesadaran lingkungan (konservasi alam), dan potensi dari keanekaragaman hayati yang dikaitkan dengan nilai ekonomi. Kemudian, kaitan keanekaragaman hayati dengan konservasi alam merangkul berbagai disiplin keilmuan untuk mempunyai bahasa dan berada pada tatanan yang sama sebagai bagian dari keanekaragaman hayati untuk tujuan konservasi.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa dapat memahami definisi dan sejarah megabiodiversitas tropika
  • 2. Mahasiswa dapat menganalisis nilai keanekaragaman hayati disekitarnya
  • 3. Mahasiswa dapat mengevaluasi nilai, fungsi, kegunaan dan nilai ekonomi dari keanekaragaman hayati
Daftar Pustaka:
  • 1. Sumarto, dkk. Ekologi Konservasi. 2012. PMG
  • 2. Wemmer, R., Rudran, Fr. Dallmeier, D. E. Wilson. Training Developing- Country National is the Critical Ingredient to Conserving Global Biodiversity BioScience, 43(11):762-767.
  • 3. Van Weelie, D. 2002. Making biodiversity meaningful through environmental education. International Journal of Science Education, 24(11): 1143 – 1156.
  • 4. Nagy, L. 2002. Curriculum, Sustainable Forest Management and Conservation of Biodiversity in Indonesia. University of Stirling, ISBN: 978.1857691238 – 1857691237
  • 5. Ekologi Papua, Yayasan Obor Indonesia
  • 6. Mengenal Biodiversitas Mikroba Indonesia, Yayasan Obor Indonesia
  • 7. Kekinian Keanekaragaman Hayati Indonesia 2014, LIPI Press