Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Posisi strategis media dalam pembelajara; fungsi, manfaat, taksonomi, klasifikasi media pembelajaran; pemilihan media untuk pembelajaran IPS; perencanaan dan pemebuatan media pembelajaran IPS baik yang bersifat konvensional maupun yang berbasis ICT.
Capaian Pembelajaran
Memahami hakikat dan prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran IPS dalam rangka mendesain media baik yang bersifat konvensional maupun yang berbasis ICT
Memperbaharui pengetahuan mengenai media-media pembelajaran IPS terkini, guna menginovasi dan menciptakan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tantangan zaman
Menganalisis berbagai permasalahan dalam merancang media pembelajaran IPS serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan berbagai sumber
Berkontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPS
Ellsworth, E. 2005. Places of Learning: Media, Architecture, Pedagogy. London: Routledge
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Lievrouw, L. A., & Livingstone, S. (Eds.). 2002. Handbook of New Media: Social Shaping and Consequences of ICTs. London: Sage
Mayer, R. E. (Ed.). 2005. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press
Sadiman, Arief, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sudjana, Nana & Ahmad, R. 2013. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima
Yudhi, Munadi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Daftar Pustaka (GP Press Group)
- Teacher: Nurul Ratnawati