Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Pengertian Statistika; Kerangka pikir statistika; Data: Jenis, Koleksi, Sajian (Presentasi); Macam variabel; Statistika Deskriptif Ukuran Tendensi Sentral: Rerata (mean), Median, Modus, Midrange; Statistika Deskriptif Ukuran Dispersi (Sebaran): Selang, Varians dan Standar Deviasi; Estimasi Selang Kepercayaan Rerata, Kesalahan Baku (Standard error) dari Rerata; Penyajian Data Kuantitatif dan Kualitatif Tabel dan Grafik; Dasar-dasar Probabilitas (Peluang); Distribusi Probabilitas: Binomial, c2 , Normal; Standarisasi Distribusi Normal; Aplikasi Kurva Normal; Populasi dan Sampel; Distribusi Sampling; Estimasi; Hipotesis: satu arah dan dua arah; Uji 27 Perbedaan dua Rerata (uji hipotesis): Uji t berpasangan dan tidak berpasangan dengan varian sama, Uji homogenitas varian (F-max); Uji Perbedaan Lebih dari Dua Rerata: Analisis Varian (Sidik Ragam) dengan satu variabel bebas (satu jalur); Analisis Varian dengan dua variabel bebas (dua jalur); uji lanjut BNT, BNJ, dan Duncan (MDRT); Prinsip-prinsip Transformasi Data; Korelasi dan Regresi: Sederhana dan Ganda; Regresi Parsial; Prinsip-prinsip dan Tahapan Analisis Kovarian; uji normalitas data, homogenitas varians, dan linieritas data; Statistika Nonparametrik: Uji c2 (Chi Square), Uji Wilcoxon, Uji Kruskal-Wallis; Penggunaan Komputer untuk Penyajian Data dan Uji Statistika: Program Excel dan SPSS.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki kepekaan dalam menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan biologi dan pendidikan biologi yang memerlukan penyelesaian dengan statistika melalui penerapan pengetahuan prinsip statistika deskriptif dan inferensial
  • Mampu menemukan dan mencari alternatif uji statistika yang sesuai dengan permasalahan bidang biologi dan pendidikan biologi
  • Mampu menentukan langkah-langkah prosedural, menganalisis, dan memecahkan permasalahan biologi dan pendidikan biologi dengan menerapkan kajian statistika deskriptif dan inferensial baik menggunakan perhitungan manual dan menggunakan program pengolah data
  • Mampu menentukan langkah-langkah memperoleh data statistika berdasarkan permasalahan pada di bidang biologi dan pendidikan biologi Mampu mengambil keputusan berdasarkan uji statistika yang akurat untuk memecahkan permasalahan di bidang biologi dan pendidikan biologi
  • Mampu mengambil keputusan berdasarkan uji statistika yang akurat untuk memecahkan permasalahan di bidang biologi dan pendidikan biologi
Daftar Pustaka:
  • Djarwanto, Ps. 1991. Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE
  • Gaspersz, Vincent. 1991. Metode Perancangan Percobaan. Bandung: Penerbit CV. Armico
  • Hadi, Sutrisno. 1983. Analisis Regresi. Yogyakarta: UGM.
  • Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik 1, 2, dan 3. Yogyakarta: UGM
  • Hanafiah, Ali Kemas. 1995. Rancangan Percobaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
  • Heryanto, N. & Hamid, H.M.A. 1992. Materi Pokok: Statistika Dasar. Jakarta: Depdikbud Dikdasmen
  • Kemendikbud. 2014. ModulPembelajaran SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Jakarta: Pusat Data danStatistikPendidikanKementerianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia. http://sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/files/Modul%20Pembelajaran%20SPSS%2019%20-%20Bagian%201.pdf
  • Sahid. 2010. Analisis Data Statistiksdengan MS Excel. http://statistikbisnis.narotama.ac.id/download_berita/Analisis%20Data%20Statistiks%20dengan%20MS%20Excel.PDF
  • Santosa, Ratno D. & Kusnadi, M.H. 1992. Analisis Regresi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
  • Sastrosupadi, Adji. 2000. Rancangan Percobaan Praktis Bidang Pertanian. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius