Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1) Sejarah perkembangan TIK dan pengaruhnya terhadap bidang sosial dan pendidikan, 2) Operating Sisyem: Android, Windows, dan Open Source, 3) Platform; Google Education, Microsoft Office, 4) Kompetensi TIK di bidang pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • 7.1. Memiliki pemahaman terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pengaruhnya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, khususnya di bidang sosial dan pendidikan.
  • 7.2. Terampil dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efisien sebagai kompetensi dasar dalam mempelajari dan membelajarkan IPA secara kreatif dan inovatif dengan memperhatikan nilai, norma dan etika yang berlaku.
  • 7.3. Mampu menganalisis secara cermat dan kritis pengaruh yang teknologi informasi dan komunikasi terhadap proses pembelajaran IPA dan tantangan yang akan dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran.
Daftar Pustaka:
  • I. Abdulhak. 2014. Kerangka Kompetensi TIK Bagi Guru. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • J. Bughin, L. Corb, J. Manyika, O. Nottenbohm, M. Chui, B.M. Barbat, dan R. Said. 2011. The Impact of Technolgies: Search. Paris: McKinsey and Company.
  • United Nations. 2013. World Youth Report 2003. New York: United Nation Publication.
  • A. Wimatra, P. Simanullang, Sunardi, dan R. Saputro. 2008. Dasar-dasar Komputer. Medan: Civil Aviation Safety and Technics Academy of Medan.