Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
JJ-JJ
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas gambaran umum perbankan, aktiva dalam perbankan yang meliputi kas dan rekening giro Bank Indonesia, akuntansi kredit yang diberikan, investasi jangka pendek, investasi pada surat utang negara, penyertaan saham, giro nasabah, tabungan, deposito, surat berharga yang diterbitkan, pinjaman yang diterima, akuntansi modal bank, akuntansi komitmen dan kontijensi bank, bank garansi, akuntansi kliring, akuntansi jasa perbankan untuk transfer, inkaso, kartu plastik, dan jasa lainnya, surat kredit berdokumen dalam negeri, gambaran umum terkait perbankan syariah serta analisa laporan keuangan bank.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa mampu memahami konsep, lingkup, prosedur, dan prinsip-prinsip dasar akuntansi perbankan dalam pencatatan transaksi-transaksi keuangan dan kejadian-kejadian keuangan lainnya berdasarkan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) dan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) (CPMK1)
  • 2. Mahasiswa secara analitis mampu menjelaskan konsep dasar akuntansi bank dan melakukan pencatatan atas transaksi-transaksi keuangan jasa perbankan (CPMK2)
  • 3. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi laporan keuangan perbankan berdasarkan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) dan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) tentang akuntansi perbankan (CPMK3)
Daftar Pustaka:
  • Taswan. 2013. Akuntansi Perbankan Transaksi dalam Valuta Rupiah. Semarang: UPP STIM YKPN
  • Purnamawati, I.G.A; Yuniarta, G. A; dan Sulindawati, N.L.G.E. 2014. Akuntansi Perbankan Teori dan Soal Latian. Yogyakarta: Graha Ilmu
  • Bank Indonesia. 2008. Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) buku 1 dan buku 2