Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang: karakteristik pembelajaran abad 21, karakteristik guru dan peserta didik di pembelajaran abad 21, klasifikasi dan landasan pemilihan media pembelajaran, model-model pengembangan media pembelajaran, dan pengembangan media dengan berbagai aplikasi.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami hakikat dan prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran IPS dalam rangka mendesain media baik yang bersifat konvensional maupun yang berbasis ICT.
  • Memperbaharui pengetahuan mengenai media-media pembelajaran IPS terkini, guna menginovasi dan menciptakan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tantangan zaman.
  • Menganalisis berbagai permasalahan dalam merancang media pembelajaran IPS serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan berbagai sumber.
  • Berkontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPS.
Daftar Pustaka:
  • Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Ellsworth, E. 2005. Places of Learning: Media, Architecture, Pedagogy. London: Routledge.
  • Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
  • Lievrouw, L. A., & Livingstone, S. (Eds.). 2002. Handbook of New Media: Social Shaping and Consequences of ICTs. London: Sage.
  • Mayer, R. E. (Ed.). 2005. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Sadiman, Arief, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Sudjana, Nana & Ahmad, R. 2013. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  • Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
  • Yudhi, Munadi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Daftar Pustaka (GP Press Group).