Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Analisis kurikulum PPKn dan dinamika masyarakat. Pengembangan pendidikan karakter dalam kurikulum PPKn. Pengembangan bahan ajar PPKn. Penyusunan bahan ajar PPKn
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis substansi, implementasi, dan kurikulum dan pengembangan bahan ajar PPKn sebagai pijakan dalam mendisain pembelajaran yang berorientasi pada kepribadian dan karakter bangsa Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
  • Boud, D., Feletti. & Grahamme I. 1997. The Challenge of Problem-based Learning (2nd Edition). London: Designs and Potents Act
  • Center for Civics Education. 1997. National standard for civics and governement. Calabasas CA: CEC Publ
  • Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta
  • Jauhar Siddiq, M. dkk. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas
  • Kalidjernih,FK. Puspa Ragam Konsep dan Isu Kewarganegaraan. Bandung: Widya Aksara Press, 2009
  • Panen, P & Purwanto, 1997. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud
  • Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013
  • Winataputra. Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi. Bandung: Progam Pascasarjana UPI, 2006
  • Yuyus Kardiman dan Yasnita Yasin. Ilmu Kewarganegaraan, Jakarta: Laboraturium Sosial Politik Press, 2010