Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Peran golongan intelektual sebagai motor penggerak perubahan di awal abad ke-20; tumbuh dan berkembangnya organisasi-organisasi modern pada masa pergerakan Indonesia; pendudukan Jepang (1942-1945); proklamasi kemerdekaan Indonesia 17-8-1945, Perjuangan diplomasi dan konfrontasi sampai tahun 1949.
Capaian Pembelajaran
Mampu mengidentifikasi peran intelektual sebagai motor penggerak perubahan awal abad XX secara teliti.
Mampu menganalisis pertumbuhan dan perkembangan organisasi modern pada masa pergerakan kebangsaan Indonesia secara kritis dan keratif.
Mampu mengalisis pergerakan kebangsaan sejak masa pendudukan Jepang hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia secara kritis.
Mampu menganalisis perjungan baik secara diplomasi maupun konfrontasi sejak tahun 1945 sampai 1949.
Mampu menulis karya ilmiah tentang sejarah pergerakan kebangsaan Indonesia dan mempresentasikannya secara kreatif.
_____. 1995. Persetujuan Linggajati Prolog dan Epilog. Yogyakarta:Yayasan Pustaka Nusatama.
Anderson, B. 1972. Revolusi Pemoeda: Pendudukan Jepang dan Perlawanan di Jawa 1944-1946. Jakarta: Sinar Harapan.
Cribb, R. 1986. Gejolak Api Revolusi di Jakarta 1945-1949. Pergolokan antara Otonomi dan Hegomoni.Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Dekker,N. 1975. Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Lembaga Penerbitan Almamater YPTP IKIP Malang.
Diah, B.M. 1983. Angkatan Baru’45.Jakarta: PT. Masa Merdeka.
Frederick,W.H. 1988. Pandangan dan Gejolak, Masyarakat Kota dan lahirnya Revolusi Indonesia (Surabaya 1926-1946).
_____. dkk.1982. Pemahaman Sejarah Indonesia. Sebelum dan Sesudah Revolusi. Jakarta: LP3ES.
. Nagazumi,A. 1972. Bangkitnya Nasionalisme Indonesia Budi Utomo 1908-1918. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Poesponegoro,M.D.,dkk. 1984. Sejarah Nasional Indonesia Jilid. V dan VI. Jakarta: Balai Pustaka.
- Teacher: Arif Subekti