Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
L1-BB1
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup kajian tentang konsep dasar evaluasi hasil belajar, prinsip dasar, ranah, dan langkah-langkah evaluasi, teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil belajar, ciri-ciri, prinsip-prinsip, bentuk, dan tipe tes hasil belajar, pengujian validitas dan reliabilitas tes hasil belajar, analisis item tes hasil belajar, nilai akhir, penyusunan ranking, dan pembuatan profil prestasi belajar.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, fungsi, memilih, mendesign dan merencanakan media pendidikan geografi yang inovatif dan kreatif.
Daftar Pustaka:
  • Ari Kunto, Suharsimi, (1978). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta,PT Bina Aksara.
  • Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Budiman, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung: PT. Ganesindo.
  • Depdiknas (2004) Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta Depdiknas.
  • Ioesmani,.(1988). Pengukuran dan Evaluasi Dalam Pengajaran. Jakarta Depdiknas.
  • Jihad, Asep, Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  • Mehrens, Wiliam A and Irvin J. Lehmamn.(1984). Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York, Holtd and Rinehart.
  • Nitko, Anthony J. (1996) Educational Assessment of Students. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliff.
  • Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan.
  • Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 (No 23 tahun 2016) tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Popham, W. James (1995) Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.
  • Purwanto, M. Ngalim (1985). Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, Cv Remaja Karya.
  • Sanjaja,, Wina. (2006) Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Perdana Media Grup.
  • Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sukmara, Dian. (2005). Implementasi Program Lifeskill Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera.
  • Yuhaelawati, Ella. (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
  • Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013 (No 24 tahun 2016) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah