Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Permasalahan kurikulum matematika; Permasalahan pembelajaran matematika di Indonesia; Permasalahan evaluasi matematika di Indonesia; Permasalahan administrasi matematika di Indonesia; Permasalahan konseling matematika di Indonesia; Filsafat pendidikan matematika; Teori-teori dalam pendidikan matematika; Perbandingan praktik pendidikan di berbagai negara.
Capaian Pembelajaran
  • Mengidentifikasi dan menganalisis secara kritis permasalahan pendidikan matematika dari sisi kurikulum, konten, pembelajaran, evaluasi, administrasi, dan konseling yang bersumber dari kelas nyata atau dari jurnal/penelitian, serta merancang alternatif penyelesaiannya berdasarkan filsafat, teori-teori pendidikan terkini, dan praktik pendidikan matematika di berbagai negara.
Daftar Pustaka:
  • Artikel-artikel terkait dengan pengembangan kurikulum dan pelaksanaanya (dokumen pemerintah, artikel ilmiah dari jurnal di dalam negeri maupun internasional bereputasi).
  • Artikel-artikel ilmiah tentang aspek managemen dalam pendidikan matematika (manajemen kelas, manajemen tugas, manajemen kurikulum, dll)
  • Artikel-artikel ilmiah terkait dengan counselling dalam pendidikan matematika
  • Darling-Hammond, L. dkk. 2013. Criteria for High Quality Assessment. Stanford University.
  • Germain-McCarthy, Y. & Gill, I. P. 2015. Bringing the Common Core Math Standards to Life. Routledge
  • NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM
  • Stabback, P. 2016. What Makes a Quality Curriculum. UNESCO.
  • Stronge, J. H., Tucker, P. D., & Hindman, J. L. 2004. Handbook of Quaities of Effective Teachers. ASCD.
  • Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press
  • Subanji. 2016. Teori Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Mengonstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press