Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
KM-MBKM
Deskripsi:

Gambaran Umum Kajian Geofisika dan Kontrak Kuliah
Geofisika Global dan Eksplorasi
Ruang Lingkup Geofisika Global dan Geofisika Eksplorasi, Metode Geofisika, Dasar Asumsi dalam Kajian Geofisika, Metode Aktif dan Metode Pasif, Metode Utama dan Metode Pendukung, Komparasi antar Metode Geofisika.
Gravitasi Bumi dan Metode Gravitasi
Dasar Teori Gravitasi Bumi, Asumsi Pengambilan Data Gravitasi Bumi, Karakteristik dan Prinsip Kerja Gravity Meter, Karakteristik Lapangan Yang Dapat diukur dengan Gravitimeter. Pengukuran Gravitasi Bumi, Pengolahan Data dan Analisis Data Graviti. Pengambilan Kesimpulan dan Justifikasi Data Gravity
Kelistrikan Bumi dan Metode Kelistrikan
Dasar Teori Kelistrikan Bumi, Asumsi Pengambilan Data Kelistrikan Bumi, Karakteristik dan Prinsip Kerja Geolistrik, Karakteristik Lapangan Yang Dapat diukur dengan Geolistrik. Pengukuran Kelistrikan Bumi, Pengolahan Data dan Analisis Data Geolistrik. Pengambilan Kesimpulan dan Justifikasi Data Geolistrik.
Sifat Magnetik Bumi dan Metode Magnetik
Dasar Teori Kemagnetan Bumi, Asumsi Pengambilan Data Kemagnetan Bumi, Karakteristik dan Prinsip Kerja Magnetometer, Karakteristik Lapangan Yang Dapat diukur dengan Geomagnet. Pengukuran Kemagnetan Bumi, Pengolahan Data dan Analisis Data Geomagnet. Pengambilan Kesimpulan dan Justifikasi Data Geomagnet.
Sifat Elastisitas Bumi dan Metode Seismik Refleksi
Dasar Teori Elastisitas Batuan, Asumsi Pengambilan Data Seismik Refleksi, Karakteristik dan Prinsip Kerja Seismik Refleksi, Karakteristik Lapangan Yang Dapat diukur dengan Metode Seismik Refleksi. Pengukuran Data Seismik Refleksi, Pengolahan Data dan Analisis Data Seismik Refleksi. Pengambilan Kesimpulan dan Justifikasi Data Seismik Refleksi.
Seismik Refraksi
Dasar Teori Elastisitas Batuan, Asumsi Pengambilan Data Seismik, Karakteristik dan Prinsip Kerja Seismik, Karakteristik Lapangan Yang Dapat diukur dengan Metode Seismik. Pengukuran Data Seismik, Pengolahan Data dan Analisis Data Seismik. Pengambilan Kesimpulan dan Justifikasi Data Seismik.
Sifat Gelombang Elektromagnetik dan Metode EM
Metode VLF
Metode MT dan CSAMT
Metode GPR
Well Logging
Mengkaji Kasus dan Praktikum
Mengkaji Kasus dan Praktikum


Capaian Pembelajaran
  • Peserta menunjukkan pemahaman sifat fisika dan geologi untuk membangun dasar-dasar observasi dan pengukuran geofisika

  • Peserta menunjukkan pemahaman Struktur dan Evolusi Bumi

  • Peserta mampu menjelaskan prinsip-prinsip metode geofisika pada problem-problem sosial yang relevan, meliputi bencana alam, ekplorasi sumberdaya alam, management dan issue lingkungan.

  • Peserta mampu melakukan observasi sendiri dengan berbagai instrument dan mereduksi, memodelkan, serta menginterpretasi data yang diperoleh dan ketidakpastiannya.

  • Peserta mampu secara efektif Mengkomunikasikan pengetahuan ilmiahnya dalam Geofisika melalui presentasi tulisan dan oral secara komprehensif.

  • Mampu menginterpretasi dan mengevaluasi literature yang terpublikasi dan presentasi oral maupun poster pada pertemuan ilmiah nasional.

Daftar Pustaka:
  • W. M. Telford, L. P. Geldart, Robert E. Sheriff, 1990, Applied Geophysics, Cambridge University Press, pp.770.

  • Sleep, N.H. and Fujita, K., 1997, Principle of Geophysics, Blackwell Science, pp.586.

  • Journal-journal terkait