Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi topik. Pertama, membaca artikel ilmiah dan nonilmiah dengan subtopik (1) konsep, tujuan, jenis, dan teknik membaca artikel, (2) konsep , ciri, dan jenis artikel, dan (3) praktik membaca artikel ilmiah. kedua, menulis artikel ilmah dan nonilmiah dengan subtopik (1) konsep, tujuan, dan teknik menulis artikel, (2) praktik menulis artikel, dan (3) pengomunikasian/publikasi artikel.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan: hakikat, tujuan, jenis, dan teknik membaca artikel ilmiah.
  • Mahasiswa terampil membaca artikel ilmiah untuk kepentingan menulis artikel ilmiah.
  • Mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur berbahasa Indonesia tulis yang baik dan benar, yang meliputi kata, kalimat, paragraph, dan ejaan
  • Mampu memahami dan menggunakan bahasa Indonesia tulis secara tepat dalam berbagai keperluan teknis, seperti: surat, proposal kegiatan, laporan kegiatan, dll.
Daftar Pustaka:
  • Nurchasanah. 2015. Membaca Teks Ilmiah dan Nonilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Hasanah, M.; Nurchasanah; Hamidah, S.Ch. 2013. Membaca Ekstensif: Teori, Praktik, dan Pengajaran. Malang: Aditya Media
  • Martutik dan Rani, A. 2013. Membaca Intensif. Malang: Surya Pena Gemilang.
  • Nurchasanah. 2016. Berpikir Analitis, Aplikatif, dan Kreatif dalam Pembelajaran Literasi. Artikel diseminarkan dalam Seminar Nitisastra I oleh Pascasarjana UM pada tanggal 21 Mei 2016.
  • Nurchasanah dan Widodo. 1993. Keterampilan Menulis dan Pengajarannya. Malang: OPF IKIP Malang
  • Nurchasanah dan Lestari, I. 2013. Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah. Malang: Aditya Media.
  • Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  • Universitas Negeri Malang . 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang