Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
KM-MBKM
Deskripsi:
Konsep dasar dan ragam penelitian kualitatif yang
meliputi case study, ethnography, grounded theory, fenomenology, dan analysis content, identifikasi dan
perumusan fokus penelitian, penentuan sasaran penelitian, penetapan keabsahan
data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pelaporan hasil
penelitian. Mahasiswa melakukan
eksplorasi dan diskusi untuk menganalisis hasil-hasil penelitian Pendidikan
Fisika (skripsi dan artikel) untuk memperoleh contoh dan ide inovatif untuk
usulan penelitian skripsi masing-masing yang selanjutnya dituangkan dalam
bentuk proposal penelitian.
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian kualitatif berdasarkan ragam rancangan penelitian kualitatif yang meliputi case study, ethnography, grounded theory, fenomenology, dan analysis content secara sitematis dan komprehensif
Mengkaji, menganalisis dan mengomunikasikan hasil-hasil penelitian kualitatif dalam Pendidikan Fisika secara kritis untuk menyelesaikan problematik pembelajaran Fisika
Menentukan fokus dan alternatif ekplorasi penyelesaian masalah penelitian kualitatif
Merancang dan menganalisis instrumen penelitian kualitatif sesuai konteks dan fokus penelitian
Merancang dan menganalisis data hasil penelitian kualitatif sesuai kebutuhan dan prosedur penelitian kualitatif
Menyusun usulan penelitian pendidikan Fisika berdasarkan rancangan penelitian kuantitatif dengan dengan menggunakan anatomi usulan penelitian kuantitatif secara sitematis dan komprehensif.
Creswell, J.W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 4th edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
Creswell, J. W. 2007: Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. Sage Publication.
W. Alex Edmonds and Thomas D. Kennedy. 2017. An Applied Guide to Research Designs Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Second Edition · Los Angeles: SAGE
James Drisko, Tina Maschi. 2015. Content Analysis. Oxford: University Press
Mayring, Philipp. 2000. Qualitative Content Analysis. Forum: Qualitative Social Research, Volume 1, No. 2, Art. 20 – June 2000, http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:0114-fqs0002204.
Philipp Mayring. 2004. Qualitative Content Analysis: Theoretical Foundation and Basic Procedures.
Marguerite G. Lodico, Dean T. Spaulding, Katherine H. Voegtle. 2010. Methods in Educational Research: From Theory to Practice, Second Edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.
- Teacher: Hari Wisodo