Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
KM-MBKM
Deskripsi:

Penilaian formatif merupakan bagian integral pembelajaran fisika yang berkualitas. Matakuliah ini didesain untuk memberikan wawasan pengalaman pada mahasiswa tentang peningkatan kualitas pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan penilaian formatif. Perkuliahan dimulai dengan menganalisis hakikat, prinsip dan elemen kunci penilaian formatif. Implementasi penilaian formatif sebelum, dalam proses, dan sesudah pembelajaran fisika juga dibahas dengan berbagai pendekatan baik formal maupun informal. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa juga akan berlatih memberikan feed back formatif dan mengambil langkah tindak lanjut dalam pembelajaran fisika.


Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis peranan asesmen dalam pembelajaran

  • Menganalisis asesmen formatif
  • Menjelaskan Elemen Kunci asesmen formatif
  • Menganalisis tes diagnostic penguasaan awal siswa
  • Menerapkan kaya percakapan dalam asesmen formatif
  • Menganalisis feedback dalam asesmen formatif
  • Menganalisis self asesmen dan peer assessment
  • Mengembangkan formatif test
  • Mengembangkan asesmen formatif berbantuan komputer
Daftar Pustaka:
  • Irons, A. (2008). Enhancing learning through formative assessment. New York: Routledge.

  • Black, P. Harrison C, Lee C, , Marshal, B dan William, D, Assessment for Learning: putting it into practice, 2005. London: Open University Press.

  • Hall K dan Burke W, 2004, Making formatif assessment work, London: Open University Press.

  • Greenstein, L. 2010. What Teachers Really Need to Know about Formative Assessment. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

  • Keeley, P. 2008. Science Formative Assessment. California: Corwin Press.

  • Frey, N., & Fisher, D. 2011. The Formative Assessment Action Plan. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

  • Kusairi, S. 2013. Asesmen Pembelajaran Sains. Malang: Universitas Negeri Malang.

  • Gorin, J. S. (2007). Test construction and diagnostic testing. Dalam Leighton, J. P., & Gierl, M. J. (eds.), Cogni¬tive diagnostic assessment for education theory and applications (pp. 174). Cambridge: Cambridge University Press.