Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
KM-MBKM
Deskripsi:

Teknologi informatika dan computer memiliki potensi yang besar untuk membantu proses penilaian dalam pembelajaran fisika. Matakuliah ini dirancang untuk memberikan keterampilan pada mahasiswa dalam menggunakan TIK khususnya computer dalam pembelajaran fisika. Perkuliahan diawali dengan mengidentifikasi kendala asesmen konvensional dan kemungkinan pemanfaatan TIK dalam penilaian. Pada tahap berikutnya, mahasiswa akan mengembangkan asesmen dan feedback otomatis berbasis computer. Untuk dapat memperoleh informasi yang optimal dari proses pembelajaran, mahasiswa juga mengembangkan asesmen berbasis WEB. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa juga akan mengkaji berbagai bentuk perkembangan asesmen berbasis computer/WEB.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis pemanfaatan teknologi computer dan informatika dalam penilaian pembelajaran fisika, mengembangkan asesmen dan feedback berbasis computer, dan mengembangkan asesmen dan feedback berbasis WEB dalam pembelajaran fisika.

Daftar Pustaka:
  • Bull J dan McKenna C, 2004. Blueprint for Computer-assisted Assessment, Routledge Falmer.

  • Bartam D dan Hambleton R. K., 2006, Computer-Based Testing and the Internet: Issues and Advances, John Willey And Sons.