Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Pengertian laboratorium (Ruang beserta alat, Alam terbuka). Peranan laboratorium dalam pembelajaran, tata tertib dan keselamatan kerja laboratorium. Pembelajaran konstruktivistik dan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran laboratorium: Praktikum, Inkuiri, Diskoveri, Eksperimen dan Outbond. Strategi pembelajaran laboratorium: Latihan Terkendali (Controlled Exercise), Investigasi Eksperimental (Experimental Investigation), dan Proyek Penelitian (Research Project). Rancangan dan Pelaksanaan Pembelajaran Laboratorium. Evaluasi Pembelajaran Laboratorium (Evaluasi Proses dan Evaluasi Hasil).


Capaian Pembelajaran
  • Memahami peranan laboratorium dalam pembelajaran


  • Memahami macam-macam pembelajaran yang dapat dilakukan di laboratorium


  • Merancang dan melaksanakan pembelajaran laboratorium


  • Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran laboratorium

  •  Memahami pengelolaan laboratorium sekolah


Daftar Pustaka:
  • Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. 1988. Panduan Penggunaan Peralatan Biologi.


  •  Keeley, P. 2015. Science Formative Assessment: 75 Practical Strategies for Linking Assessment, Instruction and Learning. NSTA

    �v
  • Nur, M.A., Rukmini, H. dan Adijuwana, H. 1989. Teknik Laboratorium untuk   Bidang Biologi dan Kimia. Bogor: PAU IPB.


  •  Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., dan Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI - IMSTEP JICA. c

  • Harmening, D.M. 2003. Laboratory Management, Principles and Processes. D.H. Pub. & Consulting


  • Barker, K. 1998. A Laboratory Navigator. New York: Cold Spring Harbor Laboratory Press.


  • Arends, R.H. 2012. Learning to Teach. McGraw-Hill Companies