Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) tujuan dan manfaat penelitian, 2) jenis penelitian sosial, 3) strategi rancangan penelitian, 4) rancangan penelitian kualitatif, 5) rancangan penelitian kuantitatif, 6) pengumpulan dan analisis data kuantitatif, 7) pengukuran dan analisis data kualitatif, 8) menulis laporan penelitian sosial
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Mahasiswa mengidentifikasi masalah pendidikan, sosial dan budaya berbasis riset secara mandiri dengan menerapkan kaidah etik penelitian
  • Mahasiswa mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerjaan yang berada di bawah tanggung jawabnya
  • Mahasiswa mampu menciptakan alternatif pemecahan masalah pendidikan, sosial, dan budaya dalam mengembangkan riset secara mandiri, bermutu, dan terukur melalui kaidah etik penelitian
Daftar Pustaka:
  • Black, James A & dean J Champion (terj. E Koeswara, Dira Salam). 1999. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
  • Given, M. Lisa (ed). 2008. The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Los Angeles – London – New Delhi – Singapore: Sage Publications Inc.
  • Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Santana K, Setiawan. 2010. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor
  • Savin – Baden, Maggi & Claire Howell Major. 2010. New Approaches to Qualitative Research: Wisdom and Uncertainty, New York & London: Routledge.
  • Sumanto, 1990. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
  • Slamet, Yulius. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: UNS Press