Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
P4-P4
Deskripsi:
Penilaian formatif merupakan bagian integral pembelajaran fisika yang berkualitas. Mata Kuliah ini didesain untuk memberikan wawasan pengalaman pada mahasiswa tentang peningkatan kualitas pembelajaran fisika dengan mengintegrasikan penilaian formatif. Perkuliahan dimulai dengan menganalisis hakikat, prinsip dan elemen kunci penilaian formatif. Implementasi penilaian formatif sebelum, dalam proses, dan sesudah pembelajaran fisika juga dibahas dengan berbagai pendekatan baik formal maupun informal. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa juga akan berlatih memberikan feed back formatif dan mengambil langkah tindak lanjut dalam pembelajaran fisika.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu merancang integrasi penilaian formatif dalam pembelajaran fisika, menerapkan berbagai metode penilaian formatif baik formal maupun informal dalam pembelajaran fisika, dan mengimplementasikan balikan formatif dan tindak lanjutnya dalam pembelajaran fisika.
Daftar Pustaka:
  • Irons, A. (2008). Enhancing learning through formative assessment. New York: Routledge.
  • Black, P. Harrison C, Lee C, , Marshal, B dan William, D, Assessment for Learning: putting it into practice, 2005. London: Open University Press
  • Hall K dan Burke W, 2004, Making formatif assessment work, London: Open University Press.
  • Gorin, J. S. (2007). Test construction and diagnostic testing. Dalam Leighton, J. P., & Gierl, M. J. (eds.), Cogni¬tive diagnostic assessment for education theory and applications (pp. 174). Cambridge: Cambridge University Press
  • Kusairi, S (2013), Asesmen Pembelajaran Sains, Malang: UM Press