Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Pengertian sebagai peristiwa, kisah, ilmu, seni, dan cara berpikir; konsep-konsep dasar ilmu sejarah; objektivitas, subjektivitas, dan kebenaran sejarah; fakta sejarah; metode sejarah; sejarah dan ilmu-ilmu lain; guna sejarah; sejarah dalam perspektif pendidikan; wawasan dan kesadaran sejarah.
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, seni dan cara berpikir secara kritis, adaptif dan kontekstual.
- Mampu mengidentifikasi konsep-konsep dasar ilmu sejarah untuk mengkaji sejarah Indonesia dan dunia secara kritis dan kontekstual.
- Mampu mengaplikasikan konsep objektivitas, subjektivitas dan kebenaran dalam sejarah untuk mengkaji sejarah Indonesia dan dunia secara kritis dan kontekstual.
- Mampu menganalisis sumber data dan fakta sejarah secara kritis dan kontekstual untuk mengkaji sejarah Indonesia maupun dunia.
- Mampu mengaplikasikan metode sejarah dengan memanfaatkan teknologi dan informasi sejarah dalam penelitian historis sederhana yang sesuai dengan nilai dan norma akademik.
- Mampu menganalisis secara kritis kegunaan sejarah serta hubungan antara sejarah dan ilmu-ilmu lainnya untuk pengkajian sejarah Indonesia dan sejarah dunia secara transdisipliner.
- Mampu menginternalisasi wawasan dan kesadaran sejarah agar mampu hidup berdampingan secara damai dalam kehidupan global.
- Ahmad, T.A. 2016. Sejarah Kontroversial dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
- Carr, E,H. 2014. Apa itu Sejarah? Depok: Komunitas Bambu.
- Hamid, A.R, dan Majid, M.S. 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak
- Kartodirjo, S. 2014. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
- Kochhar, S.K..2008. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: Grasindo
- Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Rowse, A.L. 2014. Apa Guna Sejarah? Depok: Komunitas Bambu.
- Wijaya, D. N. (2016b). NAPAK TILAS PERSPEKTIF INDONESIASENTRIS JACOB CORNELIS VAN LEUR. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(1), 31–46. https://doi.org/10.17977/sb.v10i1.5914
- Pengajar: Prof. Dr. Hariyono , M.Pd Hariyono