Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Menjelaskan ragam sumber dan media belajar serta pemanfaatannya dalam proses pembelajaran.Menganalisis ragam sumber dan media belajar yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.Mencoba mengakses dan mengumpulkan informasi ragam sumber pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran sosiologi.Mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.Mengedepankan kreativitas serta tanggung jawab untuk mengembangkan media belajar sosilogi yang efisien, inovatif, dan menyenangkan.Mampu mengembangkan rasa tanggungjawab, jujur, dan kerja sama yang baik dalam mengembangkan sumber dan mediapembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Responsif dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan IPTEK
  • Mahasiswa mampu menganalisis ragam sumber dan media belajar yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam belajar dan berkarya.
  • Mahasiswa mampu mengkreasikan media pembelajaran yang relevan dengan kompetensi dasar mata pelajaran sosiologi.
Daftar Pustaka:
  • Kadaruddin. 2016. Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta
  • Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  • Smaldino, Sharon E., Russel, Deborah L. Lowther, Clif Mims, dan James D. Russel. 2012. Instructional Technology and Media For Learning. USA: Pearson.
  • Heinich, Robert, Michael Molenda, James D. Russell, dan Sharon E. Smaldino. 2001. Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition).Prentice Hall.
  • Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.