Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mengkaji konsep dan prinsip teori pendidikan dalam hubungannya dengan sistem nilai, etika sosial, prinsip moral yang melandasi pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan, meliputi ideologi pendidikan, aliran dalam pendidikan, faktor pendidik, prinsip pelaksanaan pendidikan, faktor keberhasikan pendidikan, kewibawaan dan tanggungjawab pendidik. Landasan pendidikan tersebut menjadi dasar untuk menganalisa dan mengkritisi kebijakan dan inplementasi pendidikan baik kebijakan umum maupun kebijakan khusus terkait dengan pendidikan seni atau lebih khusus pendidikan seni rupa.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu merencanakan kegiatan pembelajaran seni rupa
  • Mampu menganalisis kurikulum pendidikan seni rupa
  • Mampu mengambangkan instrumen evaluasi pembelajaran seni rupa
Daftar Pustaka:
  • Alwasilah, A Chaedar & Judith Puncochar. 2016. Empowering Higher Education in Indonesia. Bandung: Pustaka Jaya.
  • Faqih, Mansour. 2001. “Ideologi dalam Pendidikan sebuah Pengantar” dalam Ideologi-Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Freire, Paulo, dkk. 2003. Menggugat Pendidikan: Fundamentalis, Konservatif, Liberal, Anarkhis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Freire, Paulo. 1986. Pedagogy for Liberation: Dialogues on Transforming Education South Hadley, MA: Bergin and Garvey
  • Goldstein, Carl. 1996. Teaching Art: Academies and Schools From Vasari to Albers. America: Cambridge University Press.
  • Madoff, Steven Hendry. 2009. Art School (Propositions For The 21st Century). London: The MIT Press.
  • O‟Neil, William F. 2001. “Ideologi-Ideologi Pendidikan” (terjemahan Omi Intan Naomi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Salam, Sofyan. 2012. Bahan Bacaan Matakuliah Paradigma dan Masalah Pendidikan Seni. Semarang: PPs UNNES Semarang.
  • 9. Salim, Agus. 2004. Indonesia Belajarlah: Membangun Pendidikan Indonesia. Semarang: Gerbang Madani.
  • Satmoko, Retno Sriningsih. 1999. Landasan Kependidikan (Pengantar ke Arah Ilmu Pendidikan Pancasila). Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
  • Tirtarahardja, Umar dan Sula La. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.