Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-AA
Deskripsi:
Menguasai kependidikan dan pembelajaran serta mengimplementasikannya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran Biologi serta menjunjung tinggi kepekaan sosial, kenanekaragaman budaya, pandangan dan agama
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik untuk mengembangkan kemampuan literasi, numerasi, dan kemandirian belajar.
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik untuk mengembangkan kemampuan literasi, numerasi, dan kemandirian belajar.
  • Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi biologi (sains) sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik, serta pemanfaatan TIK untuk mendorong kemandirian belajar, meningkatkan relevansi, dan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi biologi (sains) sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik, serta pemanfaatan TIK untuk mendorong kemandirian belajar, meningkatkan relevansi, dan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran biologi serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK, potensi dan kearifan lokal melalui kerja proyek.
  • Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran biologi serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK, potensi dan kearifan lokal melalui kerja proyek.
Daftar Pustaka:
  • Ambili Remesh. 2013. Micro teaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences
  • Louisell, R. D. and Descamp, J. 1992. Developing Of Teaching Style.
  • Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA)
  • UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006.
  • Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press.
  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  • Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company
  • Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta
  • Depdiknas, JICA, IDCJ. 2008. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Program SISTTEMS – JICA
  • Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC
  • Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.